Jumlah Siswa MAN 1 Lamongan Diterima di PTN Terus Bertambah

0
1230

Lamongan-Jumlah siswa MAN 1 Lamongan yang lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019 terus bertambah. Pasalnya, selain diterima lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), para siswa MAN 1 Lamongan juga diterima lewat jalur lain, yakni jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

Koordinator Bimbingan Konseling (BK) MAN 1 Lamongan Zuhrotun Nisak, S.Pd mengaku jumlah siswa yang berhasil lolos masuk PTN lewat jalur SPAN-PTKIN lebih banyak dari jalur SNMPTN 2019. Sesuai data yang masuk, jumlah siswa yang lolos lewat jalur ini tercatat sebanyak 48 siswa. “Mereka tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Islam Negeri favorit di tanah air,” kata Zuhrotun Nisak.

Diakui, dibanding tahun sebelumnya, jumlah siswa yang lolos SNMPTN dan SPAN-PTKIN memang menurun. Dan ini bukan hanya dialami MAN 1 Lamongan, tapi juga madrasah dan sekolah lain, karena mulai 2019 ada kebijakan baru, yakni kuotanya dibatasi hanya 20 persen dari jumlah pendaftar. “Jadi, penurunannya bukan hanya untuk madrasah kita, tetapi juga dialami alami madrasah lain karena ada kebijakan baru,” jelas dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan jumlah siswa yang lolos PTN dipastikan akan bertambah karena masih banyak jalur untuk masuk ke PTN. Di antara jalur masuk PTN yang kini tengah dibidik para siswa adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). “Juga banyak yang ingin ikut jalur UMPTKIN dan jalur Mandiri,” ucap dia.

Sekedar diketahui, SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana. Panitia ini ditetapkan oleh Menteri Agama. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN. (roudlon)

Berikut Daftar Sementara Siswa MAN 1 Lamongan Diterima di PTN 2019

Silakan baca di sini: DAta siswa lolos-SNMPTN dan SPAN PTKIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here