Ikuti Lomba Fashion Show, Siswi MAN 1 Lamongan Jahit Busana Sendiri

0
546

Lamongan-Para siswa kelas XII MAN 1 Lamongan terus menunjukkan kreasinya. Bahkan, menjelang purna pun, mereka masih tetap semangat menunjukkan kreasi mereka. Para siswa yang masuk Program Ketrampilan misalnya, mengadakan kegiatan “Gelar Karya dan Fashion Show”. Kegiatan yang dipusatkan di aula ini didedikasikan untuk guru dan teman-temannya sebagai kenang-kenangan sebelum lulus, Selasa (22/4/2019).

Dalam kegiatan tersebut, para siswa yang menempuh Program Ketrampilan Tata Busana, Elektro, dan Desain Produk menunjukkan keahlian masing-masing. Siswa Tata Busana misalnya, memamerkan 62 design tata busana. Siswa Ketrampilan Elektro dan Design Produk juga  tidak mau ketinggalan. Masing-masing dari mereka menampilkan lima produk dalam gelar karya tersebut, mulai dari produk sistem kontrol dan saklar pendeteksi kecepatan gerak.

CANTIK KREATIF. Siswi Ketrampilan Tata Busana mengikuti lomba fashion show dengan mengenakan busana yang dijahit sendiri

Ketua Program Ketrampilan MAN 1 Lamongan Anas Abdul Nasir mengatakan kegiatan ini merupakan event milik siswa. Pihaknya menfasilitasi memberikan wadah pada mereka untuk menunjukkan kreasi dan kelebihan masing-masing. “Hasilnya luar biasa. Mereka ternyata menyerap materi yang selama ini kita berikan. Paling tidak terlihat dari karya mereka di gelar karya ini,” tutur Anas Abdul Nasir.

Ada juga, lanjut Anas yang juga mantan Waka Kurikulum MAN 1 Lamongan ini, yang memamerkan karya tata busana dan design produk. Yang menarik, kata dia, mereka juga mengikuti lomba fashion show dengan mengenakan busana hasil karya mereka sendiri. “Busana fashion show yang mereka pakai lomba itu merupakan busana yang mereka jahit sendiri,” ujar dia.

Meski merupakan busana karya siswa sendiri, kualitasnya tidak kalah dengan produk yang dijual di pasaran, bahkan tergolong sangat baik. Tak pelak, lomba fashion show paling banyak menarik perhatian selama kegiatan dari peserta yang hadir. Ratusan siswa kelas X dan kelas XI yang hadir terlihat terpesona dengan karya dari kaka kelas mereka.

Menariknya lagi, kegiatan gelar karya dan fashion ini bukan hanya bisa disaksikan di ruang aula tetapi juga di luar. Ini karena para siswa Prodistik yang punya kemampuan dalam bidang IT juga ikut ikut membantu dengan menayangkan lewat streaming atas kegiatan tersebut. “Kami berharap kegiatan ini juga disaksikan masyaakat luas, sehingga bila tertarik  untuk memanfaatkan produk karya anak-anak kita,” ucap dia.

Pada tahun lalu, lanjut dia, tidak sedikit masyarakat luar yang tertarik dengan karya siswanya. Bahkan, design produk tata busana dibeli oleh pengusaha konveksi. “Mereka membeli design produk anak kita dan memberikan royalty,” kata dia. (roudlon)

AKSI KREASI. Dengan mengenakan busana hasil karya sendiri, mereka berjalan lenggak-lenggok di atas catwalk dalam lomba fashion show di aula MAN 1 Lamongan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here