66 Siswa Dinyatakan Gugur, Seleksi PPDB Jalur Umum Diikuti Ratusan Peserta

0
574
SAMBUTAN: Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh memberikan sambutan dalam apel pagi kepada peserta seleksi PPDB jalur umum

Lamongan-Setelah sukses menyelenggarakan seleksi Penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi atau khusus, panitia PPDB MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2019/2020 mengadakan tes seleksi PPDB jalur umum, Minggu (16/6/2019). Sebanyak 397 calon peserta dari 463 pendaftar jalur umum yang dinyatakan lolos verifikasi mengikuti tes seleksi masuk MAN 1 Lamongan.

Para peserta yang ikut seleksi akan memperebutkan 241 kursi yang masih tersisa dari kuota 432 kursi tahun pelajaran 2019/2020 ini. Mengingat, sebanyak 191 kursi telah terisi melalui jalur prestasi atau jalur khusus. Seleksi jalur khusus atau prestasi sendiri diikuti 270 peserta dari 320 peserta yang mendaftar. Dari 320 peserta yang mendaftar jalur prestasi, hanya 270 peserta yang dinyatakan layak untuk mengikuti seleksi tes jalur prestasi karena dianggap menenuhi syarat.

Dalam sambutan di apel pembukaan, Kepala MAN 1 Lamongan Alhmad Najikh mengakui bahwa kuota yang diperebutkan untuk jalur umum ini lebih kecil dari yang daftar. Pihaknya tidak mungkin menampung semuanya karena kuota kursinya sangat terbatas. Sehingga, lanjut Najikh, dipastikan akan ada peserta yang tidak diterima. Namun demikian, kata dia, bagi peserta yang tidak diterima tidak perlu berkecil hati.

“Jangan berkecil hati bila tidak diterima di sini. Kalian semua adalah anak hebat.Kalau kalian tidak diterima di sini bukan karena kalian tidak hebat, tapi karena tempanya terbatas. Masih banyak lembaga pendidikan yang juga bagus di luar sana,” kata Akhmad Najikh dalam sambutannya di apel pembukaan tes seleksi PPDB jalur umum di halaman madrasah.

SERIUS. Para peserta seleksi PPDB jalur umum tengahs erius mengerjakan soal untuk bisa lolos masuk MAN 1 Lamongan

Dikatakan, pelaksanaan tes diserahkan kepada tim independen dari UIN Maliki Malang. Pihak panitia maupun madrasah tidak ikut-ikut. Begitu juga dengan tes baca tulis Al-Qur’an, lanjut Akhmad Najikh, diserahkan kepada dewan guru yang punya kompetensi dan punya integritas. Diharapkan, dari seleksi   ini akan didapatkan siswa yang benar-benar pilihan. “Nanti hasilnya akan diumumkan pada 19 Juni 2019 pukul 00.00 WIB. Silahkan dilihat di web kita (MAN 1 Lamongan, Red),” kata dia.

DITES BACA AL-QURAN: Para peserta seleksi PPDB jalur umum tengah serius mengikuti seleksi baca tulis Al-Quran (BTQ) di salah satu ruang tes

Sementara itu, suasana tes berlangsung khidmat. Para orang tua juga terlihat menunggu di luar dengan perasaan berbada-beda. Ada yang terlihat santai, juga tak sedikit yang terlihat cemas dan khawatir menunggu anaknya berkompetisi mengikuti seleksi masuk. Sebagian orang tua lainnya juga ada yang memilih masuk masjid madrasah dan berdoa untuk kelancaran dan kesuksesan anaknya.

TIM INDEPENDEN. Para tim dari UIN Maliki Malang berpose dengan panitia sebelum meninggalkan lokasi MAN 1 Lamongan. Mereka datang dari Malang khusus untuk mengadakan tes TPA bagi para calon sisswa MAN 1 Lamongan yang mendaftar

Sekedar informasi, pengumuman akan disampaikan secara online di website MAN 1 Lamongan https://man1lamongan.sch.id pada 19 Juni mendatang.Selain online, pengumuman juga dilakukan secara ofline dan akan ditempel di papan pengumuman madrasah. Bagi yang diterima, diharapkan langsung melakukan daftar ulang yang akan dilayani mulai 19 Juni hingga 22 Juni mendatang. Bila sampai waktu tersebut masih belum juga daftar ulang, maka akan dinyatakan gugur. Sebagai pengalaman, pada daftar ulang jalur prestasi lalu juga ada yang terlambat daftar ulang dan tetap dinyatakan gugur sesuai ketentuan. Karena itu, harap diperhatikan. (roudlon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here