Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jalur Umum TP. 2019/2020

0
940

Lamongan-Panitia PPDB MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2019/2020 akhirnya berhasil menuntaskan rekapan hasil seleksi tes penerimaan siswa baru jalur umum, Selasa (18/6/2019) malam. Dipimpin langsung Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh, rapat kelulusan siswa peserta seleksi PPDB jalur umum diputuskan setelah seluruh hasil nilai terkumpul.

“Alhamdulillah, kita bisa buat keputusan bersama kelulusan peserta didik baru yang ikut tes seleksi jalur reguler untuk diumumkan kepada masyrakat,” kata Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh dengan perasaan lega dalam rapat.

Rapat kelulusan sendiri diikuti sejumlah panitia. Tampak di antaranya adalah Ketua Panitia PPDB Rouf Baidlowi, Sekretaris PPDB Anas Abdul Nasir, Achmad Luthfi, Suminto, Elli Tri Puspita, Sufyan, Roudlon, Suharsono, Asman, Sholihin, Siti Aminah, Sumarmi, Masruri, Fathul Ibad, Midkol, dan sejumlah panitia PPDB lainnya.

Di dalam menentukan kelulusan peserta didik baru, panitia memang membuat sistem seleksi cukup ketat. Para peserta bukan hanya dinilai dari hasil Tes Potensi Akademik (TPA) yang ditangani tim independen dari UIN Maliki Malang, tetapi juga nilai tes baca tulis al-Quran (BTQ). Nilai ujian nasional yang tertera dalam SKHUN juga ikut dipertimbangkan, termasuk prestasi kejuaraan peserta, baik tingkat regional maupun nasional. Dari empat variabel penilaian tersebut, prestasi kejuaraan memiliki bobot terbanyak, yakni 40 persen. Sementara hasil tes TPA dinilai memiliki bobotsebesar 25 persen, disusul nilai BTQ sebesar 15 persen, dan bobot nilai UNBK sebesar 10 persen.

“Kami ucapkan selamat bagi yang berhasil diterima di MAN 1 Lamongan dalam tes seleksi PPDB dalur umum ini, dan yang tidak diterima jangan berkecil hati. Masih banyak lembaga pendidikan lainnya,” ucap Akhmad Najikh.

( Hasil seleksi PPDB Jalur Umum Bisa Diunduh di: Lampiran Pengumuman PPDB Jalur Umum )

Sesuai dengan data, jumlah pendaftar dalam seleksi PPDB tercatat ada sebanyak 463 siswa. Dari 463 siswa, hanya sebanyak 398 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes. Dan dari 398 peserta yang mengikuti tes jalur umum, sebanyak 236 peserta atau 59 persen yang dinyatakan lulus (L), sementara sisanya 162 peserta atau 41 persen dinyatakan tidak lulus (TL). Jadi, total peserta yang diterima dari jalur umum sebanyak 236 peserta. Sementara, peserta yang sudah diterima pada jalur khusus beberapa waktu lalu sebanyak 191 peserta dari total yang ikut seleksi sebanyak 271 peserta. Jadi, total peserta yang diterima MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2019/2020 tercatat ada sebanyak 427 siswa dari total pendaftar sebanyak 734 peserta.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus jalur umum, wali siswanya diwajibkan datang ke MAN 1 Lamongan pada Rabu pagi, 19 Juni 2019, pukul 08.00 WIB untuk mengikuti rapat pertemuan dengan Komite.  Para wali siswa lulus mengikuti rapat pertemuan, sementara siswanya melakukan daftar ulang. Adapun alur daftar ulangnya adalah sebagai berikut. (roudlon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here