Tim Perpusnas Kunjungi Perpus MAN 1 Lamongan

0
445
SALAM LITERASI. Tim Perpusnas melakukan foto bersama dengan jajaran pimpinan madrasah dan perpustakaan MAN 1 Lamongan, Darul Fikri di depan perpustaaan

Lamongan-Keberadaan Perpustakaan MAN 1 Lamongan, Darul Fikri rupanya mendapat perhatian dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jakarta. Paling tidak, perhatian tersebut ditunjukkan Perpusnas dengan mengunjungi perpustakaan MAN 1 Lamongan pimpinan Dra. Siti Muzayati Rohmah, Rabu (14/8/2019). Mereka datang dengan misi mengadakan survey lapangan kajian kegemaran membaca terhadap siswa MAN 1 Lamongan sekaligus melihat pengelolaan perpustakaan Darul Fikri MAN 1 Lamongan.

Kedatangan tim perpusnas yang diikuti konsultan perpustakaan RI, Muhammad Nur Amin dan Tony Sarwono (konsultan perpustakaan Nasional). Ikut mendampingi mereka juga tim dari perpusda, Rara Ari Palupiningrum, SH.MM, M. Iskhak, A.Md, dan Ulwiyatur Rif’ah, S.Kom. Kedatangan mereka langsung disambut pimpinan madrasah. Selain Kepala Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan Achmad Luthfi, Waka Humas Elli Tri Puspita juga ikut menyambut kehadiran mereka.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan PT Citra Wahana Konsultan,” kata Kepala Perpustakaan Darul Fikri MAN 1 Lamongan, Siti Muzayati Rohmah ketika ditanya di sela-sela menerima rombongan dari tim Perpusnas Jakarta.

Lebih lanjut, Bunda Muzay – panggilan akrab Siti Muzayati Rohmah – menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian program Perpusnas mengadakan pembinaan, pengembangan, dan evaluasi, serta koordinasi terhadap pengelolaan perpustakaan di daerah. Program itu dilaksanakan sesuai amanat dari UU nomor  43 tahun 2007 untuk daerah-daerah yang mendapat perhatian, termasuk Lamongan. “Untuk daerah Lamongan, tidak semua perpustaakan sekolah dikunkungi. Untuk level SLTA, hanya ada tiga lembaga pendidikan yang jadi sasaran, yakni SMAN 1, SMAN 2, dan MAN 1 Lamongan,” terang Bunda Muzay.

SURVEI LAPANGAN. Tim perpusnas melakukan wawancara dengan Kepala Perpustakaan Darul Fikri MAN 1 Lamongan, Siti Muzayati Rohmah didampingi Kepala Penjamin Mutu Madrasah, Achmad Luthfi

Selama di madrasah, kata dia, tim perpusnas melihat langsung kondisi perpustakaan, termasuk juga mengadakan wawancara kepada para siswa tanpa ada yang ditutup-tutupi. Mereka ingin melakukan identifikasi langsung dan kajian gemar membaca dalam rangka mewujudkan budaya baca masyarakat Indonesia dari para siswa. “Saya selaku kepala perpus juga ditanya seputar kebijaan, sarana, dan  pengelolaan perpustakaan Darul Fikri  MAN 1 Lamongan,” ucap dia.

Di tempat yang sama, Waka Humas MAN 1 Lamongan Elli Tri Puspita juga menyampaikan bahwa kedatangan tim perpusnas dan perpusda Lamogan ini dilakukan dalam rangka  mengadakan pengisian kuesioner tentang budaya gemar mambaca. “Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan barokah untuk kemajuan madrasah,” doa Elli dengan tersenyum gembira. (roudlon)

SISWA GEMAR BACA. Tim Perpusnas mengabadikan diri bersama siswa MAN 1 Lamongan setelah melakukan kegiatan survei lapangan di perpustakaan MAN 1 Lamongan, Darul Fikri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here