Pemilihan Ketua OSIS ala Pilpres, Dimenangkan Anak Agama

0
143
GLADI BERSIH PELANTIKAN. Jajaran pengurus OSIS dan MPK MAN 1 Lamongan periode 2019/2020 melakukan gladi bersih sebelum dilantik oleh Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh

Lamongan-Pelaksanaan pilkada Lamongan memang masih satu tahun lagi, namun itu tidak jadi alasan bagi siswa MAN 1 Lamongan untuk menunda menggelar pesta demokrasi di Lamongan. Senin (9/09/2019), mereka mendahului mengadakan pencoblosan sendiri untuk memilih ketua OSIS baru. Layaknya kegiatan pilpres, para kandidat melakukan kampanye dan orasi sebelum digelar pencoblosan.

Kegiatan kampanye berjalan sangat seru. Suasana pilpres tingkat madrasah terasa sekali saat para calon ketua OSIS melakukan orasi kampanye mempromosikan diri agar dipilih. Maklum, orasi yang digelar di halaman madrasah dihadiri ribuan siswa, mulai kelas X, kelas XI, dan kelas XII sebagai pemilik hak suara. Mereka hadir memenuhi halaman madrasah untuk mendengarkan orasi dari masing-masing calon.

Selain calon ketua OSIS, para calon ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) juga ikut tampil melakukan orasi. Suara sorak-sorai dukungan dari ribuan siswa yang hadir di halaman madrasah kian menambah semarak acara. Mereka bersorak memberikan dukungan pada saat calon yang dijagokan masing-masing tampil. Tak hanya diikuti siswa, kegiatan orasi juga disaksikan jajaran dewan guru.

Calon yang mendapat kesempatan pertama adalah Nuruddin Fahmi Akmal sebagai calon ketua MPK, disusul Muh. Tanwirul Huda, dan Muh. Santoso sebagai calon ketua MPK. Dalam orasinya, Nuruddin menyampaikan visi-misinya bila terpilih jadi Ketua MPK. “Bila terpilih, saya akan meningkatkan sistem penyampaian aspirasi siswa,” janji Nuruddin disambut sorak-sorai dari para pendukungnya.

Hal sama juga dilakukan Muh. Tanwirul. Siswa kelas XI IPS-1 ini berjanji meningkatkan pengawasan terhadap setiap kegiatan yang dilakukan OSIS. Dan tak kalah pentingnya adalah meningkatkan koordinasi dengan pengurus MPK, OSIS, dan seluruh siswa. Calon lain  Muh. Santoso juga tidak mau kalah. “Saya siap  menjadikan MPK sebagai wadah aspirasi yang dapat dipercaya dengan baik oleh seluruh warga MAN 1 Lamongan,” tutur Santoso.

Sorak-sorai ribuan siswa yang hadir kian kencang begitu para calon ketua OSIS mendapat giliran tampil naik ke podium untuk melakukan orasi. Calon ketua OSIS yang dapat giliran orasi adalah Panji Dani Ramadhan (XI IIK), disusul Novin Ardian Yulianto (XI MIPA-8) dan Ahmad Faiq Humaidir (XI IBB).

“Kami siap menjadikan siswa-siswi kreatif, pintar, bedisiplin tinggi, dan bertaqwa kepada Allah Swt,” ungkap salah satu calon ketua OSIS, Panji Dani Ramadhan dalam orasinya yang disambut aplaus temanptemannya.

Layaknya pilpres dan juga pilkada, para siswa yang punya hak pilih diberi kotak suara untuk menyampaikan hak suaranya.Ada sejumlah kotak suara yang disebar oleh panitia di sejumlah sudut madrasah. Mereka pun antusias menggunakan hak pilihnya memilih calon masong-masing.

BELAJAR BERDEMOKRASI. Penghitungan suara perolehan suara dalam pemilihan ketua OSIS dan MPK MAN 1 Lamongan dilakukan panitia pemilihan di salah satu TPS

Hasilnya, yang mendapat suara terbanyak sebagai Ketua Umum OSIS MAN 1 Lamongan periode 2019/2020 dalah Panji Dani Ramadhan, sementara ketua MPK diraih Nuruddin Fahmi (XI MIPA-3). Keduanya dapat suara terbanyak dalam pencolosan yang digelar serentak seharian itu. Dan sesuai rencana, mereka akan dilantik oleh Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh setelah kegiatan upacara di halaman madrasah, Senin (16/09/2019).

Sususnan kepengurusan OSIS periode 2019/2020 telah dituangkan dalam SK Kepala MAN 1 Lamongan nomor 54 tahun 2019. Sesuai dengan SK tertanggal 14 September 2019 tersebut, posisi ketua Umum OSIS adalah Panji Dani Ramadhan sebagai calon peraih suara terbayak. Panji didampingi Ahmad Faiq Humaidhir R (XI IBB) dan Novin Ardian Yulianto (XI MIPA-8) sebagai Ketua OSIS 1 dan Ketua OSIS 2.

Adapun posisi Sekretaris Umum dipercayakan kepada Nur Fatichatus Sa’adah (XI MIPA-2). Nur Fatichatus dalam menjalankan tugasnya juga didampingi dua temannya, yakni Ashfa Azyan Zulfany (XI MIPA-8) dan Nuzul Isnaini M (XI IBB) sebagai sekretaris 1 dan sekretaris 2. Dan posisi bendahara umum dipegang Nailus Sa’adah (XI MIPA-6) didampingi Maulidah Nur Hikmah (XI MIPA-4). Sedangkan posisi Ketua Umum MPK adalah Nuruddin Fahmi Akmal dan Febby Dzurrotul A (XI MIPA-8) sebagai Sekretaris Umum MPK ddampingi Salma Shidqiyah (XI MIPA-4) sebagai sekretaris 1 MPK. (roudlon)

Panji Dani Ramadhan
Ahmad Faiq Humaidir
Novin Ardian Yulianto
Nur Fatichatus Sa’adah
Ashfa Azyan Zulfany
Nuzul Isnaini M
Nuruddin Fahmi Akmal
Febby Dzurrotul A
Nailus Sa’adah
Maulidah Nur Hikmah
Salma Shidqiyah

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here