MAN 1 Lamongan Terima Penghargaan SNI Award 2017

0
382
Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh (tengah) disalami pejabat Kementerian Dikti dalam penghargaan SNI Award 2017 di Jakarta

Lamongan– Kiprah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan makin diperhitungkan di kanca nasional. Tak hanya siswanya yang terus berprestasi, madrasah ini juga langganan mendapat award tingkat nasional. Terakhir, madrasah pimpinan Akhmad Najikh ini mendapat penghargaan SNI Award 2017 Perak.

“Alhamdulillah, madrasah kita kembali mendapat SNI Award Perak tahun 2017,” ungkap Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najik dalam acara pembinaan usai datang dari Jakarta menerima penghargaan tersebut, kemarin.

SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia. Penghargaan diberikan setiap tahun oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) kepada organisasi penerap SNI berkinerja baik dalam sistem manajemen dan produk.Penilaian SNI Award dilakukan dewan juri  independen, imparsial, dan kompeten di bawah pimpinan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.

Sebelum dinyatakan layak mendapat penghargaan, BSN menerjunkan tem ke MAN 1 Lamongan untuk dinilai lebih lanjut dan lebih detail. Tim auditor turun setelah madrasah berlokasi di Jln Veteran nomor 43 Lamongan ini dinyatakan masuk nominasi penerima SNI Award 2017. MAN Lamongan patut berbangga karena tidak banyak sekolah dan madrasah masuk nominasi. Ada sekian ratus sekolah dan madrasah se-Indonesia gugur dalam penilaian, tetapi MAN 1 Lamongan berhasil lolos dan layak mendaoatkan penghargaan.

Atas prestasi tersebut,Akhmad Najikh selaku kepala madrasah diundang khusus ke Jakarta untuk menerima penghargaan tingkat nasional. Najikh menerima penghargaan bersama para penerima penghargaan lainnya dari berbagai penjuru di tanah air di studio Metrotv Jakarta. “Ini merupakan prestasi kita bersama, semua civitas akademika. Kami atas nama madrasah mengucapkan banyak terima kasih pada semua civitas akademika MAN Lamongan,” tutur Najikh.

Penghargaan SNI Award 2017 menjadi hal membanggakan bagi MAN 1 Lamongan. Bahkan usai kegiatan upacara, tropi penghargaan SNI ditunjukkan kepada para siswa untuk menambah motivasi bagi anak didik. Prosesi penyerahan tropi penghargaan dilakukan oleh Akhmad Najikh kepada Ketua Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan Yullatifa di hadapan ribuan siswa yang ada di halaman madrasah. “Mudah-mudahan, madrasah kita makin baik dan makin banyak menerima penghargaan,” harap dia.

Penghargaan SNI Award yang diterima MAN 1 Lamongan ini memang bukan hanya kali ini. Pada tahun 2016, MAN Lamongan juga menerima penghargaan yang sama. Dan penghargaan ini sekaligus melengkapi penghargaan lainnya yang juga diterima MAN Lamongan. Awal 2017 lalu, madrasah mendapat penghargaan predikat ISO 9001:2015 dari pihak menejemen ISO di Jakarta. Ini setelah dilakukan audit secara menyeluruh pada madrasah oleh tim auditor ISO dari Jakarta.

Penerimaan penghargaan SNI Award 2017 menjadi sarana penting untuk bisa mendongkrak reputasi MAN Lamongan sebagai madrasah unggul, sebagaimana slogan dalam spanduk. Sama seperti pada perusahaan, SNI di bawah naungan Badan Standardisasi Nasional (BSN) bisa berdampak pada lulusan MAN Lamongan. (roudlon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here