Cari Bibit Unggul, MAN 1 Lamongan Buka Pendaftaran Jalur Khusus

0
991
sumber: Panitia PPDB MAN 1 Lamongan Tahun Ajaran 2019/2020

Lamongan-Civitas Akademika MAN 1 Lamongan langsung bergerak cepat dalam penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020. Begitu Petunjuk Tehnis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru turun, MAN 1 Lamongan langsung merapatkan barisan. Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk membentuk kepanitiaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020.

Kepanitiaan dibentuk di bawah komando langsung Waka Kesiswaan MAN 1 Lamongan Rouf Baidhowi. Rapat perdana pun digelar untuk merespon Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 631 tahun 2019 tentang Petunjuk Tehnis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru RA, MI, MTs, MA, dan MAK. Juknis tersebut terbit tertanggal per 31 Januari 2019 ditandatangani langsung Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin.

“Kami minta agar Juknis ini dijadikan rujukan dalam penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020,” pinta Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh dalam rapat perdana panitia PPDB MAN 1 Lamongan.

Dalam rapat perdana panitia PPDB, ada bebrapa keputusan yang sudah dibuat. Di antaranya keputusan mengenai jalur penerimaan peserta didi baru. Penerimaan peserta didik baru dibuka dengan dua jalur, yakni jalur khusus dan umum. Penerimaan jalur khusus dibuka sebagai upaya untuk mencari bibit-bibit unggul berprestasi. “Jalur khusus tetap kita buka sebagai ikhtiar untuk mendapatkan bibit unggul. Tetapi pola penerimaannya diubah dari tahun lalu,” kata Ketua PPDB MAN 1 Lamongan Rouf Baidlowi diamini sekretarisnya, Anas Abdul Nasir.

Rouf mengatakan keberadaan bibit unggul sangat penting bagi kelanjutan madrasah ke depan. Karena dengan bibit unggul, kata Rouf, madrasah akan lebih mudah mencetak lulusan unggul dan berkualitas. “Bukan berati bibit tidak unggul itu tidak baik. Tapi dengan bibit unggul, maka tugas kita untuk mencetak menjadi siswa hebat akan lebih ringan,” tegasnya.

Sementara itu, Anas Abdul Nasir menyampaikan lebih lanjut bahwa ketentuan penerimaan pendaftaran lewat jalur khusus dan jalur umum akan diumumkan secara luas ke publik, baik lewat surat, brosur maupun media cetak dan elektronik. Pengumumannya juga akan dipublikasikan lewat website resmi milik madrasah dengan alamat situs web: https://man1lamongan.sch.id.

“Rencana kita, pendaftaran dilakukan secara online penuh, sehingga masyarakat tidak usah jauh-jauh datang ke madrasah hanya untuk menyerahkan berkas,” jelas dia.

Di tempat yang sama, Asisten Humas MAN 1 Lamongan Roudlon menambahkan tahun ini website madrasah diperkirakan sudah aktif. Dengan fasilitas website yang ada, diharapkan pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2019/2020 benar-benar bisa dilakukan secara online. “Langka ini ditempuh untuk menyederhanakan sistem, tetapi tidak mengurangi kualitas, bahkan kualitas pendaftaran tahun ini akan jauh lebih baik,” tutur Roudlon.

Apalagi, lanjut dia, bila belajar dari tahun lalu ternyata banyak calon siswa yang mendaftar dari luar kota Lamongan. Pihaknya prihatin bila mereka harus bolak-balik madrasah hanya untuk menyerahkan berkas yang kurang. “Kalau memang bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit? Inilah prinsip kita,” terang Roudlon.

Sesuai dengan rancangan, lanjut Roudlon, PPDB online tahun ini akan disetting secara online, bahkan calon peserta didik pun bisa mendaftarkan diri menggunakan telepon genggam android atau handphonenya sekalipun. Mereka bisa langsung mengisi data dalam form formulir yang disediakan panitia, termasuk juga sudah bisa meng-upload berkas-berkas penunjang yang disyaratkan seperti foto copy nilai raport, ijazah, akte kelahiran, dan lainnya.

“Setelah dinyatakan lengkap, calon peserta bisa memastikan apa datanya sudah diterima atau belum dan mendapatkan nomor test sekaligus mencetaknya secara online,” terang dia.

Sehingga, kata dia, mereka tinggal membawa nomor test dan berkas form isian yang dicetak itu ke panitia saat proses verifikasi. Sistem ini akan sangat mengungtungkan bagi kedua bela pihak. Calon peserta didik tidak perlu susah-susah datang untuk mendaftar dan pihak panitia juga tidak dibuat repot dengan sistem pendaftaran manual seperti selama ini. Pendaftaran secara online akan diumumkan oleh panitia secara resmi kapan waktu mulai pendaftarannya.

“Bila ada yang sudah ingin mendaftar, ditunggu saja pengumumannya lewat website MAN 1 Lamongan. Insya Allah tidak lama lagi akan dibuka secara online,” ujar dia.

Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh (kiri) didampingi Ketua Panitia PPDB Rouf Baidlowi dan Sekretaris PPBD MAN 1 Lamongan Anas Abdul Nasir

Cuma reng-rengan pendaftaran jalur khusus sudah diputuskan akan dibuka pada 1-6-Maret  2019. Sementara jadwal verifikasi akan dilaksanakan pada 7-8 Maret 2019. Tahapan verifikasi akan sangat penting untuk bisa memastikan data yang dimasukkan calon peserta. “Apakah benar sesuai data faktual atau tidak. Kalau nanti ada yang memasukkan tidak sesuai data maka sesuai hasil rapat akan langsung dicoret,” ujar dia.

Jadwal tes untuk jalur khusus akan ditetapkan dilaksanakan pada 10 Maret 2019. Materi testnya mulai dari test akademik, tes TPA, dan baca tulis al-Quran. Hasilnya akan diumumkan pada 15 Maret 2019. Dan untuk daftar ulangnya akan dibuka pada 15-20 Maret 2019. (roudlon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here