Latih Mental, Siswa MAN 1 Lamongan Ikuti Diklat Kopasus V

0
1006
Para anggota Kopasus V MAN 1 Lamongan menjelajah Tugu Pahlawan Surabaya dalam kegiatan Diklat dan Pelantikan Kopasus V selama dua hari

Lamongan-Program pembinaan terhadap siswa MAN 1 Lamongan terus inten dilakukan. Tak hanya pembinaan akademik semata, tapi juga pembinaan non-akademik, termasuk pembinaan mental siswa. Salah satunya dilakukan Dewan Penegak Pramuka MAN 1 Lamongan dengan menggelar Diklat dan Pelantikan Kopasus V selama dua hari, mulai Sabtu (2/2/2019) hingga Minggu (3/2/2019).

Kegiatan ini bukan hanya dilakukan di wilayah Lamongan, tetapi juga menjelajah ke sejumlah situs bersejarah di kota Pahlawan Surabaya. Tercatat ada sebanyak 55 siswa yang tersaring ikut kegiatan penuh horoik ini. Mereka merupakan anggota Kopasus Kelas X dari berbagai program di MAN 1 Lamongan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendididik adek adek Kopasus V agar menjadi pribadi yang disiplin, berani, tangguh, dan berwawasan luas di zaman globalisasi seperti ini,” tegas Pembina Gugus Depan Pramuka MAN 1 Lamongan, Zamroni di kesibukannya mendampingi para anggota Kopasus. Tercatat ada 36 pendamping yang mengawal kegiatan ini.

Para anggota Kopasus V MAN 1 Lamongan melakukan latihan di areal Tugu Pahlawan Surabaya

Bapak dua anak ini menyampaikan bahwa Diklat Kopasus dilakukan untuk menguatkan mental dan fisik anggota Kopasus V MAN 1 Lamongan. Selain itu,  lanjut dia, juga sekaligus untuk mengasah kreativitas dalam menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya. “Makanya, kita tidak hanya menfokuskan agenda kegiatan di Lamongan saja, tetapi juga menjelajah situs-situs bersejarah di Kota Surabaya,” jelas dia.

Di antara lokasi bersejarah yang didatangi, kata dia, adalah Tugu pahlawan Surabaya, Musium HOS Cokroaminotot, Taman Ekspresi, dan Balai Kota Surabaya. Mereka diberi sejumlah materi pembinaan mulai materi Bivak, sejarah penegak dan ambalan, survival, renungan, hingga sejarah perkereta apian selain juga materi situs sejarah perjuangan kemerdekaan sendiri. (roudlon)

Para anggota Kopasus V MAN 1 Lamongan naik kereta api sambil belajar mengenai per-kereta api-an selama mengikuti kegiatan Diklat dan Pelantikan Kopasus V

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here