Pendaftaran Jalur Prestasi, 270 Siswa Lolos dan 51 Siswa Gugur

0
937
Para siswa MTs dan SMP didampingi guru dan orang tuanya terlihat antri melakukan verifikasi berkas untuk bisa masuk MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2019/2020 jalur prestasi

Lamongan-Kegiatan verifikasi pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020 MAN 1 Lamongan jalur khusus telah resmi ditutup, Jumat (8/3/2019) pukul 15.00 WIB. Dari hasil verifikasi, jumlah siswa yang mendaftar memperebutkan jatah tiket masuk MAN 1 Lamongan jalur prestasi membludak. Tercatat ada sebanyak 321 siswa MTs dan SMP dari berbagai daerah di Jawa Timur mendaftar lewat jalur prestasi.

Jumlah tersebut tentu menjadi rekor tersendiri bagi MAN 1 Lamongan. Paling tidak, tingginya siswa berbakat yang ingin masuk MAN 1 Lamongan memberi gambaran kalau madrasah ini ternyata menjadi madrasah favorit bagi mereka. Namun begitu, panitia sangat sangat hati-hati dan teliti di dalam melakukan verifikasi karena semangat dibukannya jalur prestasi adalah untuk mencari bibit yang benar-benar ungggul.

Panitia butuh tiga hari untuk melakukan verifikasi pada mereka, sejak 5 Maret 2019 lalu. Hasilnya, panitia hanya menerima 270 siswa yang berkasnya benar-benar dinyatakan memenuhi syarat. Itu pun masih sebatas lolos administrasi untuk bisa mengikuti tahapan berikutnya, mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan baca tulis Al-Qur’an. Sementara sisanya, 51 siswa pendaftar dinyatakan ditolak karena tidak memenuhi kualifikasi sebagai siswa berbakat dan berprestasi untuk mengikuti tahapan berikutnya.

Para peserta yang sudah dinyatakan lolos administrasi diwajibkan mengikuti tahapan berikutnya, yakni mengikuti Tes Potensi Akademik dan baca tulis Al-Quran. Bagi panitia, tahapan ini sangat penting dan krusial, karena dari nilai test ini nanti akan dijadikan pijakan panitia dalam menentukan lolos tidaknya mereka masuk MAN 1 Lamongan. (Daftar siswa lolos administrasi jalur khusus masih proses didata dan akan diupload beberapa saat lagi).

“Kita lakukan secara hati-hati dan teliti karena semangat kita buka jalur ini adalah mencari siswa yang memang benar-benar berkualitas,” kata Ketua Panitia PPDB MAN 1 Lamongan Rouf Baidhowi.

Bagi pendaftar yang ditolak tidak perlu berkecil hati karena masih ada jalur umum atau reguler yang rencana dibuka pada bulan Mei 2019 mendatang. Pada pendaftaran reguler, tidak ada syarat khusus, sehingga semua bisa mendaftar untuk mengikuti tes masuk MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2019/2020. (roudlon)

Sesuai rencana, pelaksanaan test TPA dan baca tulis Al-Quran digelar pada Minggu, 10 Maret 2019. Sebagai panduan bagi peserta yang akan mengikuti test adalah sebagai berikut:

Jadwal dan Yang Harus Diperhatikan Peserta Test:

  1. Hadir sebelum pukul 07.00 WIB pagi
  2. Membawa Kartu peserta test
  3. Mengenakan seragam sekolah masing-masing
  4. Membawa Pensil 2B dan penghapus
  5. Melihat dena ruang test
  6. Mengikuti apel pembukaan pukul 07.00 WIB
  7. Mengikuti test TPA pukul 08.00 – 10.00 WIB
  8. Mengikuti test baca tulis Al-Qur’an pukul 10.30 sampai selesai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here