Luar Biasa! Siswa MAN 1 Lamongan Ramai-Ramai Tembus ITS, UB, UM, dan Unair

0
836

 

 

Para siswa kelas XII mengikuti kegiatan UTBK seleksi SBMPTN yang diadakan madrasah secara intensif selama dua minggu. Kegiatan ini diadakan dengan menggandeng lembaga Bimbingan Belajar ternama

Lamongan-Perjuangan panjang para siswa MAN 1 Lamongan untuk masuk dan lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 akhirnya membuahkan hasil. Paling tidak, dalam pengumuman yang dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sejumlah siswa MAN 1 Lamongan berhasil lolos diterima di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di tanah air.

Sesuai data yang masuk ke Bimbingan Konseling (BK) MAN 1 Lamongan, tercatat ada 44 siswa MAN 1 Lamongan tembus diterima ke PTN lewat jalur SNMPTN dari total 163 siswa yang sebelumnya lolos seleksi SNMPTN 2019. Itu berarti ada 119 siswa yang gagal diterima masuk di PTN lewat jalur SNMPTN. “Sesuai data kami, ada 44 siswa yang berhasil diterima di PTN lewat jalur SNMPTN 2019,” ungkap Koordinator BK MAN 1 Lamongan Zuhrotun Nisak didampingi guru BK lainnya, Susilowati.

Bagi MAN 1 Lamongan, lolosnya 44 siswa tersebut sudah cukup membanggakan. Apalagi, sesuai data, rata-rata dari siswa MAN 1 Lamongan diterima di sejumlah PTN favorit. Bahkan, ada yang diterima di ITS Surabaya. Siswa yang berhasil lolos masuk ITS tercatat bernama Alfan Miftah Arzaqi. Siswa kelas XII MIPA-3 ini diterima di Program Studi (Prodi) Tehnik Komputer, prodi yang selama ini banyak diburu ribuan siswa di tanah air.

Selain tembus di ITS, tercatat 15 siswa lainnya diterima di PTN favorit yang tidak kalah fevoritnya, yakni di Universitas Brawijaya (UB) Malang. Dan rata-rata prodi yang dipilih para siswa ini juga tidak main-main. M. Ilham Ahmad misalnya, siswa kelas XII MIPA-1 ini berhasil lolos dalam perebutan jatah prodi Tehnik Geografi di UB Malang. Begitu juga dengan Muhammad Agam Khaulah Y. Siswa kelas XII MIPA-1 ini malah berhasil lolos pada prodi Fisika di UB Malang.

Begitu juga dengan Biki Ahyuni Alifiatin, siswi kelas XII MIPA-3 ini berhasil diterima di UB untuk prodi Teknologi Industri. Pun demikian dengan Mitha Sa’diyah. Siswi kelas XII MIPA-3 ini juga berhasil bersaing untuk memperebutkan jatah pada prodi Tehnik Pertanian UB Malang.

Tak hanya ITS dan UB, dalam seleksi SNMPTN tahun 2019 ini,  siswa MAN 1 Lamongan juga banyak yang mampu menembus Unair dan Universitas Jember (Unej). Yang berhasil diterima di Unair juga bukan prodi remeh. Siswi kelas XII MIPA-1 Isroh Saisa Mumayozah ini berhasil bersaing memperebutkan jatah kursi di prodi Budidaya Perariran Unair Surabaya. Padahal, produk ini banyak jadi rebutan ribuan siswa. Selain Isroh, siswa yang diterima di Unair adalah Putri Naqi’ah Mulya (kelas XII IPS-1), Dea Novi M (kelas XII IPS-1), dan Siti Nurul F (kelas XII IPS-2).

Selain ITS, UB, Unair, dan Unej, siswa lainnya juga berhasil diterima di Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Trunojoyo,  UIN Maliki Malang, dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sementara itu, Waka Kurikulum MAN 1 Lamongan Suminto mengatakan bahwa minimnya siswa yang lolos jalur SNMPTN 2019 ini karena prodi yang dipilih para siswa rata-rata prodi yang tinggi peminatnya. Meski begitu, pihaknya sudah bangga dengan capaian yang sudah ditorehkan anak didiknya, apalagi ada yang berhasil diterima di ITS, bahkan banyak juga yang lolos di UB, Unair, dan Unej yang selama ini menjadi PTN favorit di tanah air.

“Kami juga menfasilitasi para siswa untuk mengikuti bimbingan UTBK seleksi SBMPTN,” kata Suminto.

Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif selama dua minggu, mulai 18 Maret hingga 29 Maret 2019. Pihak madrasah menggandeng salah satu lembaga bimbingan ternama untuk membimbing para siswa kelas XII. Tujuannya, lanjut dia, memfasilitasi para siswa yang tidak diterima di jalur SNMPTN agar bisa juga lolos di jalur SBMPTN 2019. Diharapkan, jumlah siswa yang lolos ke PTN tahun ini akan lebih banyak lagi. Sesuai data, seleksi jalur SBMPTN akan digelar pada 13 April 2019, setelah Ujian Nasional (UN) dilakukan. UN sendiri dilaksanakan pada 1, 2, 4, dan 8 April 2019. (roudlon)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here