Lagi, Siswa MAN 1 Lamongan Tembus ITS dan IPB Jalur SNMPTN 2021

0
240

Lamongan-Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mencantumkan pengumuman SNMPTN 2021 di website resminya per Senin sore, 22 Maret 2021. Secara keseluruhan, sebanyak 110.459 siswa dinyatakan lulus seleksi jalur penerimaan mahasiswa baru berbasis nilai rapor dan prestasi akademis tersebut. Dari total siswa yang diterima di seluruh tanah air tersebut, 26 siswa di antaranya merupakan siswa dari MAN 1 Lamongan.

“Alhamdulillah, anak-anak kita banyak yang lulus seleksi SNMPTN 2021 ini,” ungkap Koordinator BK MAN 1 Lamongan, Shohibul Muhtadin, S.Pd dengan bangga.

Baca juga : MAN 1 Lamongan Juara Umum KSM Lamongan 2019

Sesuai data yang dimiliki BK MAN 1 Lamongan, ke-26 siswa MABN 1 Lamongan tersebut tersebar diterima di banyak Perguruan Tinggi Nasional (PTN) ternama di tanah air. Adiputra Tinutan Rizqi, misalnya.  Siswa yang duduk di bangku kelas XII MIPA 5 ini diterima di ITS 10 November Surabaya untuk program studi (prodi) Biologi. Bahkan Samantha Merysia, siswi yang duduk di bangku kelas XII MIPA 2 inipun berhasil tembus diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk prodi Teknologi Dan Manajemen Perikanan Budidaya.

Sementara Nurul Laili Fitriyah, siswi yang duduk di bangku kelas XII IPS 1 ini berhasil lolos diterima di Universitas Airlangga (Unair) untuk prodi Sosiologi. Begitu juga dengan siswa lainnya seperti Indah Dwi Pratiwi (XII MIPA 7) diterima di Universitas Negeri Malang, Dian Indah Luvitasari (XII MIPA 8) diterima di UIN Maliki, Caleysda Aprilianti (XII MIPA-5) diterima du Iniversiats Negeri Jember (Unej), Fajrina Amalia Nedeva (XII IBB) diterima di Universitas Negeri Semarang. (Selenglapnya lihat di lampiran)

Keberhasilan siswa da siswi MAN 1 Lamongan tersebut disambut senang jajaran pimpinan dan juga dewan guru MAN 1 Lamongan. Kepala MAN 1 Lamongan, Drs Akhmad Najikh, M.Ag misalnya mengaku senang atas keberhaslan anak didiknya tersebut. “Alhamdulillah, semoga sukses anak-anakku… Aamiiinn. Aamiin.. Aamiinnn..,” kata Akhmad Najikh.

Baca juga : Guru dan Siswa MAN 1 Lamongan Borong Tropi Juara

Begitu juga dengan guru lainnya seperti Suparno, S.Ag. Waka Humas MAN 1 Lamongan ini mendoakakan agar keberhasilan yang dicapai siswa MAN tersebut bermanfaat dan tentunya barokah. “Alhamdulillah.. semoga manfaat dan barokah,” tutur Suparno.

Guru lainnya seperti Siti Aminah, M.Pd juga menyampaikan perasaan sama. Guru Kimia MAN 1 Lamongan ini bahkan mendoakan bagi anak didiknya tersebut. “Alhamdulillah semoga anak-anak tercapai cita-citanya menempuh pendidikan lebih lanjut sebagai bekal bekal hidup dunia akhirat,” ucap Siti Aminah.

Hal senada juga disampaikan guru Kimia lainnya, Elli Tripuspitasari dan juga guru kesenian Rikza, S.Pd.I, juga guru lainnya. Elli menyampaikan ucapan selamat atas prestasi anak didiknya tersebut. “Alhamdulillah selamat dan sukses untuk siswa dan siswi MAN 1 Lamongan, semoga ke depannya bertambah lagi prestasi  akademik dan non akademik dan yang lolos bertambah banyak lagi, aamiiin,” doa Elli penuh khususk

Sekedar ditambahkan sebagaimana dDilansir dari akun media sosial Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), calon mahasiswa dapat mengakses hasil SNMPTN mulai pukul 15.00 WIB di https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman atau situs di beberapa perguruan tinggi negeri. Jika diterima, pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat melihat informasi tersebut di laman PTN Penerima.

Bagaimana jika tidak lulus? LTMPT memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Pendaftaran harus dilakukan setelah pengumuman SNMPTN 2021.

“Apabila peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali,” kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih dalam surat edaran NOMOR: 07/SE.LTMPT/2021.

Pendaftaran SNMPTN 2021 dibuka pada 15-24 Februari 2021. Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun PTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan eligible oleh seklah, dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS.

Berdasarkan data pendaftaran SNMPTN 2021 per 23 Februari 2021 atau sehari menjelang pendaftaran ditutup, sebanyak 648.396 calon mahasiswa login, 586.404 siswa memilih program studi, 9.671 siswa upload portofolio, dan 568.330 siswa sudah finalisasi. (roudlon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here