Kamis, 02 Feb 2023
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya Madrasah Digital yang Unggul, Berkarakter, Terampil, dan Berbudaya Lingkungan

Laboratorium Kimia

Laboratorium Kimia

PROFIL LABORATORIUM KIMIA MAN 1 LAMONGAN

Laboratorium Kimia menempati lantai 2 di MAN 1 Lamongan dengan luas ukuran 8 X 12 M, untuk ruang praktek 8 X 9 M, ruang bahan dengan luas 2,5 X 3 M, ruang alat dengan luas 2,5 X 3 M, dan ruang kerja dengan luas 3 x 3 M. Ruang praktek dilengkapi dengan LCD, alat-alat pengaman keselamatan kerja, meja persediaan, exhaust fan agar gas hasil praktikum dapat terbuang dengan cepat, ventilasi dan penerangan cukup memadai untuk menunjang berlangsungnya proses praktikum. Di laboratorium meja panjang praktikum untuk siswa berjumlah 6 buah terbuat dari kayu dan meja pendek praktikum berjumlah 8 buah.

Ruang praktek dilengkapi juga dengan bak cuci berjumlah 6 berwarna biru muda dari keramik untuk tempat pembuangan yang akan diproses melalui pipa pembuangan limbah B3 maupun non B3. Limbah yang dihasilkan dari sisa praktikum diolah dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) buatan dengan rangkaian unit pengolahan : Bak akualifikasi, Chemical treatment, Bak pengendap (Clarifier), Effluent tank, Unit filtrasi dan effuent. Pada dinding laboratorium terdapat papan Informasi yang berisi hasil karya siswa seperti proses penyulingan/destilasi minyak bumi, hasil kreasi inovasi siswa dan lain sebagainya.

Peralatan safety yang tersedia di laboratorium kimia yaitu jas praktikum, sarung tangan, alat pemadam kebakaran, P3K. Bahan kimia juga terletak di ruang bahan tertata dengan rapi mengacu pada tata letak bahan berdasarkan sifat bahan kimia tersebut. Di ruang bahan terdapat Ruang Asam yang dilengkapi dengan lampu dan exhaust fan . Alat-alat praktikum juga tersimpan pada almari yang tersedia di ruang alat laboratoprium. Selain hal tersebut di atas, laboratorium kimia juga dilengkapi dengan perpustakaan mini berisi hasil laporan praktikum siswa,buku panduan akademik lembar kerja praktikum kimia dan buku penunjang lainnya sehingga mempermudah siswa ataupun guru untuk menambah sumber belajar.

Pengelolaan laboratorium berkenaan dengan pengelola, pengguna, fasilitas laboratorium ( bangunan, peralatan laboratorium, spesimen kimia, bahan kimia ), dan aktivitas yang dijalankan di laboratorium merupakan tanggungjawab bersama antara pengguna dan pengelola laboratorium sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan. Seluruh pengelolaan laboratorium dicatat dokumen administrasi sesuai POS dokumen SMM ISO bsi 9001 Quality Management. Diantaranya : Sasaran mutu program kerja, monev, struktur organisasi, POS pengendalian laboratorium kimia dan POS perawatan dan pemeliharaan laboratorium kimia. Dokumen administrasi tersedia di almari pada ruang kerja kepala laboratorium kimia dan laboran laboratorium kimia.

Pada hakikatnya ilmu kimia merupakan ilmu yang didasarkan pada percobaan (eksperimen), sehingga belajar kimia tidak bisa dilepaskan dari kegiatan di laboratorium. Melakukan percobaan (eksperimen) bisa menimbulkan rasa ingin tahu seseorang terhadap ilmu kimia.  Laboratorium kimia di MAN Lamongan sebagai wadah untuk mengembangkan kreatifitas sekaligus pengatahuan siswa pada mata pelajaran kimia untuk menunjang hal itu laboratorium kimia sudah memenuhi standart ruang dan sarana laboratorium sesuai dengan ketentuan mutu laboratorium yang ada.

Dari hasil praktikum diharapkan siswa  dapat memahami dengan baik materi-materi kimia, bahan-bahan kimia, reaksi kimia, penggunaan alat-alat dan keselamatan kerja. Disamping itu siswa dituntut berperan aktif, dilatih mengembangkan pengetahuannya, mampu berpartisipasi aktif memberikan ruang yang cukup untuk kreatifitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

 

PROSEDUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM HARIAN

Nb: Untuk Guru Silahkan Klik Document Formulir Praktikum untuk pengajuan Praktikum!

Download (PDF, 138KB)

KELUAR