Lawan 15 Negara, Siswa MAN 1 Juara II Lomba ISTEC Tingkat Internasional

0
573
SANG JUARA. Para siswa MAN 1 Lamongan yang meraih tropi juara di ajang lomba ISTEC (International Science Technology and Engineriing Competition) menunjukkan tropi masing-masing yang menjadi hasil jerih payahnya selama perlombaan digelar

Lamongan-Tidak puas hanya mendapat prestasi tingkat nasional, siswa MAN 1 Lamongan mengincar prestasi Internasional. Hasilnya, cukup memuaskan. Siswa MAN 1 Lamongan akhirnya berhasil membawa pulang tropi juara II (silver) dan juara III dalam ajang lomba ISTEC (International Science Technology and Engineriing Competition).

Prestasi ini cukup prestis karena ajang perlombaan yang diadakan IYSA (Indonesian Young Sienticec Asosiation) di Bandung ini diikuti 200 tim dari 15 negara. Dan, siswa MAN 1 Lamongan berhasil tembus ke babak final bahkan mendapat empat tropi sekaligus, yakni dua perak dan dua perunggu. “Alhamdulillah, anak-anak kita berhasil pulang bawa tropi,” ungkap Pembina KIR MAN 1 Lamongan, Siti Khofilah dengan nada senang.

Bagi Khofilah, prestasi ini cukup membanggakan karena hasil ini membuktikan kemampuan siswa MAN 1 Lamongan tidak kalah dengan siswa dari negara-negara lain. Ada 15 negara yang mengirim siswa terbaiknya ikut event tersebut. Ke-15 negara yang ikut mengirimkan peserta dalam perlombaan itu adalah Indonesia, Sri Lanka, Oman, Palestina, Bangladesh, South Africa, India, Mesir, Pakistan, Tunisia, Vietnam, Turkey, Brazil, Malaysia, dan Paraguay. “Tidak semua tim yang didaftarkan diterima, ada juga yang masuk waiting list (daftar tunggu),” ucap Siti Khofilah.

Sesuai data yang masuk, dua tim MAN 1 Lamongan yang mendapat tropi juara II (silver) atas nama Achmad Viki Fibrian (siswa kelas XI-MIPA-8) dan Juma’iyah Nur Wahidah (siswi kelas XI MIPA-5) tim beranggotakan Amaliya Putri and Ratna Eka Wulandari. Dalam lomba tersebut, tim beranggotakan Viki dan Juma’iyah mengangkat karya penelitian ilmiahnya bertemakan “Utilization of skin ekstrat manalagi apple malus sylvetris as inhibiting the proliferation and apoptosis hela cell”. Sementara tim beranggotakan Amaliya Putri and Ratna Eka Wulandari mengangkat karya bertemakan  “SUPERLIZER (Innovation of liquid waste shrimp shell with EM4 biocatalys to accelerate the growth of chili plans).

Adapun tim yang mendapat tropi juara III adalah tim beranggotakan Eka Verawati (siswi kelas XI MIPA-5) dan Nahdhiyah. Dalam lomba tersebut, tim ini memngangkat hasil karya penelitiannya dengan tema “The Effect of Extract Kentakir (Black Skin Potato & Kenikir Leaves) Inhibits The Proliferation And Apoptosis in Hella Cells). Sedaang tim satunya yang mendapat tropi juara III adalah Jasmine suci firdausy. Tim ini mengangat karya penelitiannya berjudul “FRACTION, cherry leaves utilization muntingian calabura linn as an organic fungicides to extend the self life and quality of tomato comoditoes”.

Kabar tersebut disambut baik kalangan civitas akademika MAN 1 Lamongan. Semuanya memberi ucapan selamat pada siswa dan pembinanya. “Selamat dan semoga prestasi ini beri manfaat dan bekah,” kata Kepala MAN 1 Lamongan, Akhmad Najikh. (roudlon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here