Minggu, 20 Jun 2021
  • Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta. Dan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh.

Hari Ini, Pendaftaran SNMPTN 2021 Berakhir, MAN 1 Dapat Jatah 40 Pesen

DAFTAR SNMPTN 2021. Guru BK MAN 1 Lamongan Zuhrotun Nisak (tengah) serius membantu siswa yang merasa kesulitan daftar jalur undangan SNMPTN 2021 di MAN 1 Lamongan

Lamongan-Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 segera berakhir. Sesuai data LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), jadwal pebdaftaran seleksi SNMPTN 2021 adalah 15-24 Februari 2021. Artinya, hari ini, Rabu (24/2/2021) adalah hari terakhir sampai pukul 15.00 WIB.

Karena itu, tim BK (Bimbingin Konseling)  MAN 1 Lamongan dikomandani Shohibul Muhtadin, S.Pd gencar menyisir siswa MAN 1 Lamongan yang belum terdata masuk seleksi SNMPT. Karena sesuai ketentuan, MAN 1 Lamongan dengan status akreditasi A mendapat jatah 40 persen undangan untuk mengisi jatah undangan yang totalnya mencapai 800 ribu siswa secara nasional. “Insyaallah proses seleksi pendaftaran tahun ini lancar, kalau ada siswa merasa kesulitan mendaftar, kita siap membantu,” kata Koordinator BK MAN 1 Lamongan, Shohibul Muhtadin, S.Pd bersama Zuhrotun Nisak, S.Pd.

Memang, dalam proses pendaftaran seleksi SNMPTN tahun 2021 ini, MAN 1 Lamongan mendapat jatah undangan untuk ikut seleksi sebanyak 40 persen dari total siswa yang ada. Jumlah total siswa kelas XII tahun ini tercatat sebanyak 390 siswa. Jatah undangan ikut seleksi tersebut tersebar di semua program peminatan, yakni program MIPA mendapat jatah 94 siswa, IPS (38 siswa), IBB (13 siswa), dan program IIK sebanyak 13 siswa.

Sebagai panduan, bagi siswa eligible (masuk jatah 40 persen), maka harus segera melakukan pendaftaran SNMPTN 2021. Tapi, bagi siswa eligible dan akan mendaftar SNMPTN 2021, pastikan sudah memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan permanen. Jika kamu siswa eligible dan ingin masuk PTN melalui SNMPTN 2021, maka harus segera menyelesaikan proses-prosesnya. Salah satunya dengan informasi dari akun Instagram LTMPT ini.

Hanya sekadar diketahui bahwa informasi resmi tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi melalui laman ltmpt.ac.id atau @ltmptofficial. Bagaimana cara registrasi  akun LTMPT pada SNMPTN 2021. Berikut ini panduannya :

  1. Buka laman portal.ltmpt.ac.id dan pilih tautan “daftar di sini”
  2. Pilih menu siswa dan masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir
  3. Pilih “selanjutnya”
  4. Masukkan e-mail aktif dan password
  5. Setelah mengisi kolom yang tersedia, klik “daftar”
  6. Setelah itu akan muncul notifikasi aktivasi akun buka inbox/spam pada e-mail, lalu lakukan aktivasi akun
  7. Jika akun aktif, lakukan login ke laman portal.ltmpt.ac.id

Cara verifikasi data? Langkah selanjutnya setelah registrasi adalah verifikasi data. Berikut cara verifikasi data:

  1. Login ke laman portal.ltmpt.ac.id menggunakan e-mail dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Peserta akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. Maka pilih menu verifikasi dan validasi data sekolah atau siswa (verval).
  3. Pada halaman verifikasi data siswa, periksa data peserta dengan teliti.
  4. Isi kolom NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan kolom yang masih kosong. Jika ada kesalahan, lakukan perubahan melalui sekolah peserta.
  5. Kemudian tekan tombol “perbarui data”
  6. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman verifikasi riwayat sekolah.
  7. Agar memeriksa kevalidan data. Jika terdapat kesalahan, mohon untuk melakukan perbaikan melalui sekolah. Lalu tekan tombol “perbarui data”.
  8. Tekan tombol “selanjutnya” untuk berpindah ke halaman unggah pas foto. Unggah pas foto terbaru yang sesuai dengan ketentuan. Baca juga: 20 PTN Penerima Terbanyak Peserta SNMPTN 2020, Siapa Paling Banyak?
  9. Tekan tombol “selanjutnya” untuk melanjutkan ke prosedur penyesuaian pas foto.
  10. Pilih tombol “selanjutnya” untuk melanjutkan ke halaman konfirmasi data.
  11. Jika data sudah benar, maka centang pernyataan dan tekan tombol “simpan permanen”.
  12. Maka, data peserta tidak dapat diubah kembali (Roudlon/sumber kompas.com)

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR