Hasil Survei: 93% Puas dengan MAN 1 Lamongan

MEMUASKAN: Kepala Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan Drs. A. Luthfi, M.Si. M.Pd.I. menunjukkan hasil survei terbaru tentang kinerja MAN 1 Lamongan tahun 2020

Lamongan-MAN 1 Lamongan tampaknya tidak gampang berpuas diri. Segudang prestasi madrasah yang ditorehkan selama ini ternyata tidak membuat madrasah besar kepala dan silau. Berbagai terobosan tetap terus dilakukan. Salah satunya dengan malakukan Survey Kepuasan Pelanggan. Dimotori Unit Penjaminan Mutu Madrasah MAN 1 Lamongan, survey kepuasan pelanggaran tersebut dilakukan secara rutin. Kali ini dilakukan untuk pereode Juli sampai Desember 2020.

“Survey ini dilaksanakan dalam ikhtiar untuk mendapatkan gambaran seperti apa harapan dan keinginan para pelanggan,” kata Kepala Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan Drs. A. Luthfi, M.Si. M.Pd.I.

Baca juga : Lagi, Siswa MAN 1 Lamongan Juara 1 Lomba Sains Tingkat Nasional

Serta, lanjut Luthfi, untuk mengetahui sampai dimana tingkat kepuasannya, untuk selanjutnya dijadikan umpan balik bagi manajemen dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan, baik yang bisa ditindaklanjuti secara langsung maupun yang akan dituangkan dalam perencanaan program akan datang. “Dan yang menjadi sasaran dari survey ini adalah  peserta didik, orang tua peserta didik serta Tenaga Pendidik dan Kependidikan,” jelas guru senior MAN 1 Lamongan ini.

Baca juga : Juara ISPO 2021, Siswa MAN 1 Lamongan Dapat Tiket Wakili ke Hongkong

Untuk Pelanggan Peserta didik dan Orang tua peserta didik, lanjut Luthfi, ada empat indikator kepuasan dalam materi surveinya. Yakni, terkait soal kepuasan sekolah di MAN 1 Lamongan, lalu kepuasan layanan petugas, keramahan petugas dalam melakukan layanan, dan terkait dengan kebersihan lingkungan. Sedang untuk sasaran Pelanggan dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, kata dia, terdapat 6 indikator yang dijadikan bahan surveinya, yakni tentang kepuasan bekerja di MAN 1 Lamongan, kepuasan layanan manajemen, penerapan sistem manajemen, imbalan dan penghargaan, keramahan petugas dalam melakukan layanan, dan terakhir terkait tentang kebersihan lingkungan.

Hasilnya, terang dia, sungguh bagus. Ia lau menconmtohkan hasil survei terhadap kepuasan bekerja/sekolah di MAN 1 Lamongan, dari total responden yang disurvei menyatakan sangat puas sebanyak 66 persen, dan menyatakan puas sebanyak 28 persen, sedang yang menyatakan kurang puas hanya 4 persen dan tidak tidak puas sebanyak 2 persen. Begitu juga hasil survei terhadap penerapan system manajemen di MAN 1 Lamongan. Dari total responden yang disurvei, sebanyak 48 persen menyatakan sangat bagus dan yang menyatakan bagus sebanyak 45 persen.

Sumber: Unit Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan

Hal hampir sama juga pada survei terhadap kepuasan layanan petugas di MAN 1 Lamongan. Dari total responden yang disurvei, kata dia, sebanyak 64 persen menyatakan sangat puas terhadap layanan petuagas MAN 1 Lamongan dan sebanyak 31 persen mengaku puas. Sedang yang menyatakan kurang puas hanya sebanyak 4 persen dan 1 persen menyatakan kurang puas. Angka tersebut juga selaras dengan hasil survei terhadap tingkat keramahan petugas layanan. Dari total responden yang disurvei, sebanyak 64 persen menyatakan sangat ramah, dan sebanyak 30 responden menyatakan ramah, sedang responden yang menyatakan kurang ramah hanya 4 persen.

Sumber: Unit Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan

Hasil positif juga terlihat dalam survei terhadap kebersihan lingkungan MAN 1 Lamongan. Sesuai hasil survei menyebutkan bahwa 44 persen dari total responden yang disurvei mengakaui kalau lingkungan MAN 1 Lamongan sangat bersih, dan sebanyak 47 persen menyatakan bersih, sedang sisanya sebanyak 8 persen menyatakan kurang bersih dan 1 persen menyatakan tidak bersih. “Kita bersyukur apa yang kita lakukan selama ini untuk menata madrasah lebih baik membuahkan hasil positif,” ucap dia.

Sumber: Unit Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan

Jadi, lanjut dia, sesuai hasil keseluruhan survei tersebut raat-rata memberikan nilai positif pada kinerja  MAN 1 Lamongan. Dan itu terlihat dari indek kepuasan yang ada. Dari total responden yang disurvei tersebut, lanjut dia, indek kepuasan pelanggan tercatat sebanyak 58 persen menyatakan sangat puas dengan MAN 1 Lamongan, dan sebanyak 35 persen manyatakan puas. Sehingga bila diprosentasi, indek kepuasan pelanggan terhadap kinerja MAN 1 Lamongan tercatat sebanyak 93 persen. Sementara sisanya menyatakan kurang puas hanya sebanyak 5 persen dan tidak puas sebanyak 2 persen.

Sumber: Unit Penjamin Mutu MAN 1 Lamongan

“Demikian Laporan Survey Kepuasan Pelanggan untuk kurun Semester Gasal Tahun 2020-2021 yang dilaksanakan secara online oleh Unit Penjaminan Mutu MAN 1 Lamongan,” terang dia seraya berharap hasil survei ini bisa jadi referensi sekaligus evaluasi dan umpan balik serta jadi masukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan layanan di semua  bagian yang ada di Madrasah tercinta. (roudlon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *