Sabtu, 24 Jul 2021
  • Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta. Dan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh.

Pondok Ramadhan, Siswa Diajari Kitab Lubabul Hadits dan Taisirul Kholaq

KHIDMAT. Para siswa MAN 1 Lamongan antusias penuh khidmat mengikuti kegiatan pondok ramadhan yang diselenggarakan madrasah sesuai kegiatan belajar mengajar (KBM)

Lamongan-Datangnya bulan suci Ramadhan tidak disia-siakan oleh kalangan civitas akademika MAN 1 Lamongan. Madrasah memanfaatkan bulan penuh maghfirah tersebut dengan menggelar pondok Ramadhan di sela-sela waktu pembelajaran para siswa. Kegiatan pondok ramadhan digelar secara serentak mulai Senin (19/04/2020), diikuti siswa kelas X dan XI MAN 1 Lamongan.

“Bagi kami datangnya bulan suci ramadhaan ini merupakan moment istimewa. Sayang kalau kita lewatkan begitu saja tanpa ada kegiatan-kegiatan religi,” kata Waka Kasiswaan MAN 1 Lamongan Rouf Baydhowi.

Baca juga : Pondok Ramadhan, Siswa Diajari Baca Kitab Kuning dan Akhlak

Kegiatan pondok Ramadhan menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan MAN 1 Lamongan untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan. Dan aktiviats ini merupakan kegiatan tahunan bagi siswa yang selama ini dijalankan selama bulan ramdhan tiba. Tehnis pelaksanaan kegiatan pondok ramdhan dilaksanakan berdasarkan surat edaran madrasah nomor B-736/Ma.13.18.01/PP.00.6/4/2021 yang ditandatangani kepada MAN 1 Lamongan Drs Akhmad Najikh, M.Ag. Sesuai surat tersebut, kegiatan dilakukan dengan pola berbeda sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dengan tetap memperhatikan prokes di tengah  kondisi covid-19.

NGAJI LUBABUL HADITS. Waka Kesiswaan MAN 1 Lamongan Rouf Baidlowi memberikan materi pada kegiatan pondok ramadhan yang digelar di aula MAN 1 Lamongan

Kegiatan pondok Ramadhan mulai tanggal 19 April s.d 24 April 2021 untuk siswa absensi genap dan tanggal 26 April s.d 30 April 2021 untuk siswa absensi ganjil. Selama kegiatan berlangsung, siswa terlihat antusias. Mereka tidak langsung pulang sekolah seusai kegiatan belajar mengajar (KBM) selesai, tetapi berbondong-bondong datang ke aula dan masjid Darussalam. Di tempat tempat tersebut, mereka dibimbing sama ustadz dan ustadazh, termasuk dibimbing membaca kitab kuning atau kitab kundul sambil mendalami kandungan yang ada di dalam kitab tersebut.

Baca juga : Guru dan Siswa MAN 1 Lamongan Borong Tropi Juara

Rouf mengatakan bahwa kegiatan ini menggunakan dua tempat, yakni di ruang aula untuk siswa kelas X, sementara masjid Darussalam diperuntukkan untuk siswa kelas XI. Kegiatan dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai mulai pukul 10.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Dirinya berharap dalam kegiatan ini, siswa dapat mendalami ilmu pengetahuan agama, khususnya tentang fadilah-fadilah (keutamaan-keutamaan) dalam beramal dan beribadah.

Sebagaimana hal-hal yang terkandung dalam kitab Lubabul Hadits yang dikaji oleh siswa-siswi kelas X. Selain itu, perlu adanya pendalaman terhadap ilmu-ilmu akhlak yang mulia. Hal ini sebagaimana yang terkandung dalam kitab taisirul kholaq yang dikaji oleh siswa kelas XI. “Dan yang lebih penting lagi, ini bagian dari pembiasaan kita semoga siswa tidak hanya berhenti belajar saat pondok Ramadhan saja, tapi tetap diteruskan sendiri nantinya,” tegas dia. (roudlon)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR