Kamis, 23 Sep 2021
  • Agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta. Dan ilmu pengetahuan tanpa agama adalah lumpuh.

Matsama Virtual MAN 1 Lamongan Dibuka Plt Kepala Kemenag Lamongan

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan-Pembukaan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) siswa baru MAN 1 Lamongan berlangsung lancar, Senin, 12 Juli 2021. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Plt Kepala Kemenag Kab. Lamongan, Markus, S.Pd, M.Pd secara virtual pukul 07.300 WIB. Selain para siswa, kegiatan pembukaan Matsama secara virtual yang juga diikuti siswa dari madrasah lainnya di Lamongan tersebut juga diikuti Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Lamongan Drs. H. Masduki Yasin, M.Pd juga para kepala madrasah di Kabupaten Lamongan.

Untuk kegiatan virtual Matsama MAN 1 Lamongan sendiri dipusatkan di aula MAN 1 Lamongan. Hadir di acara tersebut di antaranya adalah Kepala MAN 1 Lamongan Drs Akhmad Najikh, M.Pd, Waka Kesiswaan MAN 1 Lamongan, Rouf Baydlowi, S.Ag, M.Pd, Waka Humas MAN 1 Lamongan Suparno, S.Ag, Kepala TU MAN 1 Lamongan Moch. Saiful, S.Sos, M.Si, Waka Sarpras MAN 1 Lamongan, Drs Sofyan Hadi, dan Kepala Penjaminan Mutu MAN 1 Lamongan, Drs Akhmad Luthfi, M.Si, M.Pd.

Dalam sambutannya, Akhmad Najikh menyampaikan bahwa kegiatan Matsama virtual ini dilaksanakan selama empat hari, mulai 12 Juli hingga 15 Juli mendatang. Dirinya berharap seluruh siswa baru MAN 1 Lamongan terus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Matsama ini. “Seperti yang disampaikan ketua OSIS tadi, meski kegiatan dilakukan secara virtual, tetapi tidak mengurangi esensi dari kegiatan ini sendiri,” tutur Akhmad Najikh.

Para siswa, lanjut orang nomor satu madrasah ini, akan diberi banyak materi seputar madrasah termasuk kebijakan dan ketentuan yang ada di madrasah sehingga semua siswa bisa tahu betul mengenai seluk beluk MAN 1 Lamongan sebelum masuk nanti. Di antara materi yang akan diberikan nanti adalah mengenai profil madrasah yang akan disampaikan langsung oleh Kepala Penjaminan Mutu MAN 1 Lamongan Drs Akhmad Luthfi. Kemudian, tambah dia, kalian juga juga akan dikenalkan mengenai konsep moderasi beragama yang menjadi kebijakan prioritas Menteri Agama RI. “Kalian akan bisa tahu apa itu konsep moderasi beragama yang dimaksudkan, sehingga kalian tidak buta dalam situasi belakangan ini. Bagi kita itu penting,” ucap dia.

Materi lain yang tidak kalah pentingnya adalah, kata dia, terkait program unggulan madrasah. Disampaikan, MAN 1 Lamongan ini berbeda dengan madrasah atau sekolah lainnya, yang memiliki program unggulan yang selama ini dikembangkan. Di antaranya adalah, tambah dia, ada program riset, program keterampilan, prodistik, dan lain-lain. Seluruh siswa diberi kesempatan untuk memilih program yang menjadi unggulan madrasah itu, sehingga ini menjadi peluang baik pada kaian untuk mengembangkan bakat dan minat kalian. “Namun dalam memilih nanti ada seleksi berupa tes kemampuan. Jadi, semua ini kita dedikasikan kepada kalian semua, berbanggalah kalian semua bias bergabung dengan kami di sini,”tutur dia.

Selain itu, tambah dia, nanti juga akan dikenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang selama ini dikembangkan di MAN 1 Lamongan. Dikatakan, banyak kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih sesuai bakat dan minat siswa, mulai Paskibra, drumband, hingga ekstra olahraga, termasuk juga pramuka. “Pokoknya, banyaklah kegiatan ekstra yang bisa kalian pilih nanti,” ucap dia.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Akhmad Najikh mengucapkan selamat kepada para siswa baru MAN 1 Lamongan untuk mengikuti kegiatan Matsama. “Mudah-mudahan Allah Swt memberikan kita semua kelancaran,”kata dia.

Sekedar diketahui, MAN 1 Lamongan telah menyandang banyak predikat. Selain sebagai madrasah keterampilan, MAN 1 Lamongan juga ditetapkan sebagai madrasah literasi, madrasah adiwiyata mandiri, madrasah ramah anak, madrasah SKS (Sistem Kredit Semester). Juga menyandang sebagai madrasah ISO dan tiga kali berturut-turut mendapat prestasi peraih SNI Awards.  (roudlon)


Share Agar Bermanfaat!!

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR