Jumat, 19 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Keren..! Siswi MAN 1 Lamongan Raih Beasiswa University of British Columbia

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan-Keren! Itulah kata yang pantas disematkan kepada salah satu siswi MAN 1 Lamongan, Amaliyah Putri. Bagaimana tidak, siswi putri seorang petani dari Lamongan yang duduk di kelas XII MIPA-1 ini berhasil lolos seleksi mendapatkan beasiswa LPDP kuliah ke University of British Columbia, Kanada tahun 2022.

Prestasi putri dari pasangan Zainuri dan Kholifah ini tentu semakin menyempurnakan lulusan MAN 1 Lamongan tahun 2022 ini yang sudah banyak diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri ternama. Dan raihan prestasi ini sekaligus membanggakan karena ini menjadi cerminan kalau siswa MAN 1 Lamongan ternyata tidak kalah dalam bersaing dengan siswa-siswa lainya di tanah air. Padahal, jumlah peserta yang ikut seleksi cukup banyak dari berbagai penjuru di tanah air.

Amaliyah Putri sendiri menceritakan dirinya bisa mendapatkan beasiswa tersebut awalnya dirinya ikut Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tingkat nasional dan masuk sebagai finalis. “Saya lolos seleksi administrasi, wawancara, serta melengkapi persyaratan seperti nilai IELTS, personal profile untuk apply ke kampus tujuan. Kemudian menunggu letter of acceptance atau LoA dan terakhir lolos seleksi tahap pembinaan,” terang Amaliyah.

Dia mengaku bersyukur bisa lolos seleksi beasiswa Indonesia Maju. Nantinya, seluruh biaya selama masa perkuliahan akan ditanggung Indonesia Maju. “Mulai dari biaya hidup, tunjangan kesehatan, biaya buku dan penelitian hingga biaya kedatangan semua ditanggung,” tandas dia.

Lihat juga video testimoninya :

 https://www.youtube.com/watch?v=0iI3duOkXu0&t=248s&ab_channel=MAN1LAMONGAN

Menariknya lagi, Amaliyah Putri sendiri ternyata bukan tergolong siswa paling pintar seangakatnnya di madrasah. Namun karena keuletan dan kegigihannya, dia jadi menjadi satu-satunya wakil MAN 1 Lamongan yang lolos kuliah ke luar negeri.

“Siswa MAN 1 Lamongan yang mendapat kesempatan aslinya ada empat. Tapi yang lolos di tahap pertama, seleksi berkas hanya saya dan Ratna Eka,” terang dia. Kemudian, tambah dia, lanjut di tahap berikutnya, yakni tes wawancara. Pada tahap ini, kata dia, yang lolos hanya dirinya sendiri, sementara Ratna Eka gagal.

Amaliyah Putri lalu membocorkan tip-tips untuk bisa lolos mendapatkan beasiswa kuliah ke University of British Columbia, Kanada. Salah satunya belajar membuat tulisan essay yang harus menggugat pembaca. “Jangan sekali-kali membuat essay yang kata-katanya sama dengan di google, pasti ditolak. Buat essay sendiri yang menantang sesuai dengan kemampuan kita sendiri,” tandasya.

Baca jugaRaih Juara II Nasional, Siswi MAN 1 Lamongan Dapat Beasiswa Kuliah

Sementara itu, Kepala MAN 1 Lamongan Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.Pd mengaku bangga atas prestasi siswanya tersebut. “Ini sekaligus membuktikan proses pembelajaran yang selama ini kita terapkan tidak kalah dengan madrasah atau sekolah favorit lain di tanah air,” ungkap Nur Endah Mahmudah.

Namun, dirinya menandaskan apapun prestasi yang telah diraih tidak akan membuat pihaknya silau apalagi takabur. Pihaknya akan tetap terus melayani, mendampingi, mengarahkan, dan memotivasi peserta didik untuk terus berkreasi dan berprestasi sesuai dengan passionnya. Madrasah juga terus berusaha mengikuti perubahan perkembangan ilmu dan teknologi sebagai wujud nyata pelayanan terhadap masyarakat yang telah mempercayai lembaga pendidikan.  “Dan dalam melakukan hal itu, kita akan bersinergi dan berkolaborasi dengan instansi dan lembaga lain. Tanpa sinergi dan kolaborasi akan sulit di era seperti sekarang ini,” tegas dia. (roudlon)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR