Jumat, 01 Jul 2022
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya madrasah digital yang unggul, berkarakter, terampil, dan berbudaya lingkungan

Jurnal Ilmiah Cendekia MAN 1 Lamongan Terbaru Terbit

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan-Jurnal ilmiah Cendekia MAN 1 Lamongan edisi terbaru, Januari-Juni 2022 kembali terbit. Jurnal resmi tingkat nasional yang sudah ber-ISSN 2598 – 2419 tersebut terbit dengan menurunkan sembilan karya tulis hasil penelitian para praktisi. “Alhamdulillah, jurnal edisi Januari – Juni 2022 telah terbit,” kata Pemimpin Redaksi Jurnal Cendekia MAN 1 Lamongan, Roudlon, S.Ag, M.Pd di ruang redaksi.

Menurut Roudlon, jurnal Cendekia edisi kali ini tidak jauh berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Karya tulis yang diturunkan dalam edisi ini merupakan karya hasil research para praktisi dan guru yang menggeluti dunia pendidikan. Dr. Roli Abdul Rokhman misalnya, lanjut dia, membuat tulisan mengenai “Model Implementasi Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Agama Islam”. Doktor lulusan perguruan tinggi ternama di Malang tersebut menulis hasil penelitiannya yang dilakukan di MAN 1 Model Bojonegoro.

Baca juga versi online-nya di link : https://e-journal.man1lamongan.sch.id/

Begitu juga dengan Dra Ida Safiaturahma, M.Pd.I. Pengawas Kemenag Kabupaten Lamongan yang juga tim nasional tersebut menulis hasil researchnya tentang “Model Supervisi Akademik Kepala Madrasah Melalui Strategi Abis Berbasis Pembelajaran Abad 21”. Dalam tulisannya tersebut, lanjut dia, Ida Safiaturahma mengkaji peningkatan kompetensi kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran berdasarkan Juknis Nomor 624 Tahun 2021. Penelitian dilakukan dalam rangka mencari model alternatif supervisi akademik kepala Madrasah melalui Strategi ABIS Berbasis Pembelajaran Abad 21 sebagai role model Madrasah Reform.

Penulis berharap karyanya tersebut bukan hanya memberi rumusan peningkatan kompetensi kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran, tetapi juga bagi guru dalam meningkatkan kualitas dan keterampilannya. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi ABIS memiliki dampak positif pada peningkatkan kemampuan kepala madrasah dalam supervisi pembelajaran terhadap guru. Ini dapat dilihat dari semakin tingginya pemahaman kepala madrasah, yang diukur dari nilai rata-rata hasil postest kepala madrasah meningkat  menjadi 70,9 dari pretestnya sebesar 46,4. Kemampuan   kepala   madrasah   melaksanaan supervisi pembelajaran juga meningkat dari nilai rata-rata 59 pada siklus I, naik jadi 72,6 pada siklus II.

“Karyanya cukup bagus jadi acuan karena hasil rumusannya berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran abad 21,” jelas roudlon.

Sementara itu, Wakil Pemred Jurnal Cendekia MAN 1 Lamongan,  Dra Siti Muzayati Rohmah, M.Pd menambahkan pihaknya mengundang para praktisi untuk mengirimkan tulisannya ke redaksi Jurnal Cendekia. Menurut Bunda Muzay — panggilan akrab Siti Muzayati Rohmah — jurnal cendekia ini terbit rutin setiap enam bulan sekali. Banyak manfaat yang akan didapat para penulis dari tulisan yang dikirim karena jurnal ini beredar secara nasional yang bisa dibaca dan dijadikan referensi bagi banyak pihak, juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kenaikan pangkat pagi para ASN (Aparat Sipil Negera). “Dan sudah banyak yang merasakan manfatnya, kenaikan pangkatnya jadi lancar karena bisa dijadikan bahan pengajuan PAK,” kata dia. (*)


Share Agar Bermanfaat!!

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR