Kamis, 25 Jul 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Lagi, Unit Penjaminan Mutu MAN 1 Lamongan Rilis Hasil Survei Kepuasan Pelanggan

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan (30 Juni 2023)- Untuk yang kesekian kalinya, Unit Penjaminan Mutu (UPM) MAN 1 Lamongan kembali merilis hasil survei kepuasan pelanggan periode Januari-Juni 2023. Survei kepuasan pelanggan ini secara rutin dilakukan oleh UPM MAN 1 Lamongan dalam ikhtiyar untuk mendapatkan gambaran sampai di mana tingkat kepuasan pelanggan, untuk selanjutnya dijadikan umpan balik bagi manajemen Madrasah dalam meningkatkan layanan pendidikan, baik yang bisa ditindaklanjuti secara langsung maupun yang akan dituangkan dalam perencanaan program yang akan datang, demikian ungkap Kepala UPM  Ahmad Luthfi.

Lebih jauh ia menuturkan bahwa Survei yang digelar secara on-line pada bulan Mei-Juni 2023 melalui aplikasi googel form ini mengambil sampel peserta didik mulai kelas X, XI dan XII tahun pelajaran 2022-2023 karena merekalah yang selama ini telah merasakan dari berbagai macam unit layanan yang ada di MAN 1 Lamongan yang meliputi : layanan PBM, layanan praktek di berbagai laboratorium (Lab. Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa, IPS), layanan ketata-usahaan, layanan perpustakaan, layanan UKS, layanan Bimbingan Konseling, layanan di koperasi, layanan SATPAM dan layanan kantin.

Adapun instrumen pertanyaan survei meliputi :

  1. Apakah responden puas terkait dengan fasilitas yang diberikan Madrasah dalam melayani pelanggan yang ada di masing-masing unit layanan.
  2. Apakah responden puas terkait dengan kinerja petugas layanan dan
  3. Apakah responden puas dengan keramahan petugas layanan

Di samping untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atas layanan yang diberikan oleh para petugas layanan di masing-masing unit layanan, Survei ini digelar juga untuk mengetahui tingkat kebersihan kawasan madrasah ini, mulai dari halaman, Gedung, Ruang-ruang yang ada sampai toilet.

Terkait dengan hasil survei, Ahmad Luthfi -yang juga guru Bahasa Arab itu-  menjelaskan bahwa secara garis besar tingkat kepuasan pelanggan sangat tinggi yakni di atas 90 %. Selanjutnya secara rinci Ahmad Luthfi memaparkan, bahwa terkait dengan ketercukupan fasilitas layanan dari 328 responden ada 304 atau 97 % responden yang menjawab cukup / puas, sementara yang menjawab kurang / tidak puas ada 24 atau 7 % responden, kemudian terkait dengan kepuasan atas kinerja petugas layanan dari 326 responden ada 306 atau 94 % responden yang menyatakan puas, sedangkan 20 responden atau 6 % menyatakan tidak puas, selanjutnya terkait dengan keramahan petugas layanan dari 360 responden terdapat 338 responden atau 94 % menyatakan ramah, sedangkan 22 responden atau 6 %  menyatakan tidak ramah.

Sementara itu terkait dengan kebersihan kawasan madrasah, dari 385 responden,  261 atau 68 % responden yang menyatakan sangat bersih, 104 atau 27 % reponden menyatakan bersih dan 20 atau 5,3 % responden menyatak tidak bersih/ kotor.

Berikut Diagram hasil survei kepuasan pelanggan :

Dari hasil Survei ini, Ahmad Luthfi -Kepala Penjaminan Mutu yang memasuki masa purna tugas pada 1 Juni 2023 ini- berharap bisa dijadikan sebagai bahan masukan bagi manajemen madrasah untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan pendidikan yang ada di berbagai unit layanan. (lth).

 


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR