Jumat, 19 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Tingkatkan Wawasan Anggota, Koperasi Sakinah MAN 1 Lamongan Gelar Workshop Perkoperasian

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan (22/08/2023). Man 1 Lamongan kembali menggelar workshop. Kali ini workshop dilaksanakan oleh Koperasi Sakinah MAN 1 Lamongan. Kegiatan yang diikuti oleh 134 anggota koperasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang perkoperasian bagi seluruh anggota koperasi.

BACA JUGA : Perayaan HUT ke-78 RI, Manela Ber-Bhinneka Tunggal Ika

Tidak hanya itu, ketua Koperasi Sakinah MAN 1 Lamongan, Bapak H. Anas Abdul Natsir, S.Pd, MT, berharap kegiatan ini mampu memberikan bekal kepada seluruh anggota agar bisa turut serta menjadikan Koperasi Sakinah lebih baik lagi. “Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja koperasi yang diputuskan dalam rapat tahunan pengurus koperasi agar bisa memberikan bekal kepada anggota aktif untuk ikut menjadikan koperasi menjadi lebih baik dan lebih jaya lagi”, ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan, Ibu Hj. Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.PdI, menambahkan harapannya agar kegiatan workshop ini memberikan tambahan ilmu bagi seluruh anggota koperasi tentang perkoperasian. “Walaupun tidak semua berkecimpung di koperasi, paling tidak semua anggota memiliki ilmunya, sehingga sewaktu-waktu jika dibutuhkan, sudah mengetahui dasar ilmunya”, ungkap Kepala Madrasah. Beliau juga berharap agar kegiatan ini memberikan gambaran tentang nikmatnya berkoperasi serta menambah kesejahteraan bagi seluruh stakeholder madrasah.

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, pengurus Koperasi Sakinah MAN 1 Lamongan menghadirkan narasumber dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Ibu Sri Andriyani, S.E, M.Si. Beliau memaparkan berbagai materi tentang perkoperasian dan juga asas pelaksanaan koperasi yaitu kerjasama, gotong royong, dan kekeluargaan. “Setiap anggota koperasi harus saling bekerjasama dan begotong royong untuk menyukseskan program koperasi, antara pengurus dan anggota harus menumbuhkan rasa kekeluargaan. Hanya ada satu badan hukum yang punya badan usaha, yaitu koperasi. Dari sinilah koperasi punya keistimewaan tersendiri”, imbuhnya.

Seluruh anggota koperasi menyimak paparan narasumber dengan antusias. Kesadaran bahwa koperasi memberikan banyak manfaat menumbuhkan rasa memiliki terhadap koperasi. Seperti halnya yang disampaikan oleh salah satu anggota yang hadir bahwa keberadaan koperasi memberikan banyak manfaat berupa kemudahan dalam mendapatkan dana dengan jasa yang ringan, kemudahan untuk menyimpan uang, serta keuntungan lain yang didapatkan setiap anggota tiap tahunnya berupa Sisa Hasil Usaha (SHU).

Keberadaan koperasi di MAN 1 lamongan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi madrasah, tetapi juga mampu menambah kesejahteraan bagi seluruh anggotanya. [Humas Manela]


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR