Jumat, 23 Feb 2024
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya Madrasah Digital yang Unggul, Berkarakter, Terampil, dan Berbudaya Lingkungan

MAN 1 Lamongan Raih Nilai Tertinggi dalam PKKM, Jadi Rujukan Madrasah Lainnya

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan berhasil meraih nilai tertinggi dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasa (PKKM) yang dilakukan oleh Pengawas Bina Madrasah Dra. Ida Syafiatur Rahmah, M.Pd.I. dan Pengawas Madrasah Drs. Suhartono, M.Pd.Nilai yang diperoleh MAN 1 Lamongan adalah 95,67 dari skala 100. Nilai ini menunjukkan bahwa MAN 1 Lamongan memiliki kinerja yang sangat baik dalam mengelola madrasah, baik dari segi akademik, administrasi, maupun sarana dan prasarana.

PKKM adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menilai kinerja kepala madrasa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin madrasah. PKKM dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari 7 komponen, yaitu: Mengembangkan madrasah, Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah, Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat, Mengelola proses pencapaian 8 SNP, Mengelola unit layanan khusus madrasah, Mengelola sistem informasi madrasah, dan Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Setiap komponen memiliki indikator dan sub-indikator yang harus dipenuhi oleh kepala madrasah.

Baca Juga : Tiga Siswa MAN 1 Lamongan Ikuti Sister School ke Filipina dan Jepang

Dalam PKKM yang dilakukan pada tanggal 4 Desember 2023, MAN 1 Lamongan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan di semua komponen. Hal ini menunjukkan bahwa kepala madrasah,  Hj. Nur Endah Mahmudah, S.Ag. M.Pd.I., telah berhasil menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Beliau juga mendapatkan apresiasi dari Pengawas Bina Madrasah, Dra. Ida Syafiatur Rahmah, M.Pd.I., yang mengatakan bahwa MAN 1 Lamongan pantas menjadi rujukan madrasah lainnya.

“MAN 1 Lamongan adalah madrasah yang memiliki kinerja yang sangat baik. Saya melihat bahwa kepala madrasah memiliki visi yang jelas dan mampu menerapkannya dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan pengembangan madrasah. Selain itu, kepala madrasah juga memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas madrasah, baik dari segi akademik, administrasi, maupun sarana dan prasarana. Saya berharap bahwa madrasah lainnya dapat belajar dari MAN 1 Lamongan dan mengikuti jejaknya dalam mencapai kinerja yang optimal,” ujar Dra. Ida Syafiatur Rahmah, M.Pd.I.

Kepala MAN 1 Lamongan, Hj. Nur Endah Mahmudah, S.Ag. M.Pd.I., mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pengawas Bina Madrasah. Beliau juga mengatakan bahwa nilai yang diperoleh dalam PKKM adalah hasil kerja sama yang solid antara semua pihak yang terlibat dalam madrasah, yaitu guru, karyawan, siswa, orang tua, komite, dan masyarakat.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas nilai yang kami dapatkan dalam PKKM. Ini adalah buah dari kerja keras dan kerja sama yang solid antara semua pihak yang terlibat dalam madrasah. Kami tidak akan berpuas diri dengan hasil ini, tetapi kami akan terus berusaha untuk meningkatkan kinerja kami dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa dan masyarakat. Kami juga siap untuk berbagi pengalaman dan ilmu dengan madrasah lainnya yang ingin belajar dari kami,” tutur Hj. Nur Endah Mahmudah, S.Ag. M.Pd.I.

MAN 1 Lamongan adalah salah satu madrasah unggulan di Kabupaten Lamongan. Madrasah ini memiliki visi untuk menjadi madrasah yang berkualitas, berdaya saing, dan berakhlak mulia. Madrasah ini juga memiliki misi untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal, melaksanakan kurikulum yang sesuai dengan standar nasional, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan, serta menjalin kerjasama yang harmonis dengan masyarakat. Madrasah ini memiliki berbagai prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.(Humas manela).


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR