MAN 1 Lamongan Juara Umum KSM Lamongan 2019

1
726
SANG JUARA : Para siswa tergabung dalam kontingen MAN 1 Lamongan yang ikut KSM 2019 tingkat kabupaten Lamongan berpose dengan guru pembina dan pembimbingnya sambil membawa tropi juara

Lamongan-Siswa MAN 1 Lamongan terus menorehkan prestasinya. Kali ini diraih dalam event Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten 2019. Bahkan, dalam lomba KSM yang diikuti 452 peserta dari 60 madrasah dan sekolah di seluruh Lamongan ini, MAN 1 Lamongan dinobatkan sebagai juara umum KSM 2019 karena siswanya paling banyak menyabet tropi juara.

“Alhamdulillah, anak-anak kita banyak yang behasil juara, sehingga MAN 1 Lamongan jadi juara umum dalam KSM 2019 tingkat Kabupaten ini,” kata  Ketua Pembina Prestasi Akademik, Seni, Bakat, dan Minat MAN 1 Lamongan Nunik Zubaidah usai mendampingi siswa MAN 1 Lamongan ikut KSM di MA Matholi’ul Anwar.

Dikatakan Nunik Zubaidah, dalam event KSM 2019 tingkat Madrasah Aliyah dan Sekolah se-Kabupaten Lamongan ini, jumlah peserta yang ikut mencapai 452 siswa. Mereka berasal dari berbagai madrasah dan sekolah di Lamongan. Sama seperti KSM tahun lalu, jumlah mata pelajaran (mapel) yang diperebutkan dalam KSM kali ini ada enam mapel, yakni mapel matematika, fisika, kimia, biologi, geografi, dan ekonomi.

“Meski banyak pesertanya, namun anak-anak kita berhasil menjadi juara,” tutur guru enerjik ini.

Sesuai hasil KSM, lanjut Nunik, siswa MAN 1 Lamongan mendapatkan empat tropi juara. Yakni,  juara I mapel geografi diraih oleh siswi kelas XII IPS, Fadlila Sittatus  Syawwala, sementara Erika Syahrani Putri Kirana (siswi kelas XI MIPA-3) yang ikut dalam lomba mapel fisika berhasil merebut juara II. Dua tropi lainnya, diraih oleh Aina Noraiza Salma (siswi kelas XII MIPA-3) dan Anasa Faizatul Ula (siswi kelas XI MIPA-7). Masing-masing meraih juara harapan I mapel biologi dan harapan II mapel fisika.

Sumber: tim Olimpiade MAN 1 Lamongan

Disinggung soal strategi kemenangannya? Nunik dengan gaya merendah menyampaikan bahwa pihaknya memang telah mengadakan persiapan perlombaan berupa bimbingan intensif selama tiga hari. Selain itu, juga ada tambahan bimbingan mental secara khusus dari tim yang dibentuk. “Tetapi yang terpenting adalah support dari semua pihak. Keberhasilan ini bukan karena pembina atau pembimbing, tapi keinginan kuat anak kita untuk menjadi juara, terlihat dari antusianisme mereka mengikuti bimbingan intensif selama libur sekolah,” tutur Nunik dengan merendah.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh langsung mengucapkan kalimat alhamdulillah begitu mendengar prestasi siswanya di ajang KSM sebagai bentuk syukurnya kepada Allah Swt yang telah memberikan nikmat-Nya berupa prestasi belajar bagi peserta didiknya. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika MAN 1 Lamongan, baik secara lansung maupun tidak mereka tlh ikut andil dalam membimbing prestasi belajar peserta didik kita,” tutur orang nomon satu MAN 1 Lamongan ini.

Dengan hasil prestasi ini, lanjut dia, dirinya berharap agar MAN 1 Lamongan tetap menjadi lembaga yang berkualitas dan prestasinya selau meningkat di semua bidang. Karena itu, kata dia, untuk mewujudkan harapan tersebut diperlukan tiga komitmen dan pemahaman bersama. “Pertama, bahwa MAN 1 Lamongan ini adalah milik kita bersama. Kedua, seluruh program madrasah merupakan keputusan dan kesepakatan kita bersama. Dan ketiga, kita punya tanggung jawab bersama. Semoga dengan kebersamaan itu, keberhasilan demi keberhasilan akan terus kita peroleh, tentunya dengan izin Allah Swt,  aamiin,” ucap dia mengakhiri komentarnya.

Di tempat terpisah, Kasie Pendma Kemenag Lamongan Abdul Ghofur mengatakan bahwa sesuai dengan petunjuk tehnis (juknis) KSM, seluruh juara 1,2, dan 3 akan dikirim menjadi kontingen mengikuti KSM tingkat Provinsi Jawa Timur. Karena itu, pihaknya berharap ada program pendampingan profesional yang dilakukan para ahli untuk para juara tersebut. “Kita siapkan kontingen KSM Lamongan untk KSM tingkat provinsi Jatim bahkan kita harapkan menjadi juara di KSM tingkat Nasional di Manado,” ujar harap Abdul Ghofur. (roudlon)

1 KOMENTAR

  1. semoga MAN 1 Lamongan bisa diberi kesempatan guru2 nya untuk mendapat beasiswa ke jepang.dan bisa mendapatkan bantuan native( NP) dari Jepang.aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here