Pendaftaran PPDB MAN 1 Lamongan TA. 2020/2021 Jalur Prestasi Dibuka

0
6464

 

Lamongan-MAN 1 Lamongan kembali membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. Sesuai dengan keputusan rapat panitia, PPDB dibuka dengan dua jalur sama seperti tahun-tahun sebelumnya; jalur prestasi atau khusus dan jalur umum. Jalur prestasi dibuka lebih dulu dengan persyaratan lebih ketat untuk menjaring bibit-bibit unggul.

“Jalur khusus tetap kita buka sebagai ikhtiar untuk mendapatkan bibit unggul,” kata Ketua PPDB MAN 1 Lamongan Rouf Baidlowi.

VIDEO TUTORIAL CARA DAFTAR PPDB (bisa diklik di channel youtube di bawah ini):

https://www.youtube.com/watch?v=uDFEApCdlf0

Rouf mengatakan keberadaan bibit unggul sangat penting bagi kelanjutan madrasah ke depan. Karena dengan bibit unggul, lanjut dia, madrasah akan lebih mudah mencetak lulusan unggul dan berkualitas. “Tetapi bukan berati bibit tidak unggul itu tidak baik. Semua calon siswa, tapi dengan bibit unggul, tugas kita untuk mencetak menjadi siswa hebat akan lebih ringan,” ucap dia.

Rouf menyampaikan bahwa selain jalur khusus, pendaftaran jalur umum juga akan dibuka. Dan semua ketentuan penerimaan pendaftaran lewat jalur khusus dan jalur umum akan diumumkan secara luas ke publik, baik lewat surat, brosur maupun media cetak dan elektronik. Pengumumannya juga akan dipublikasikan lewat website resmi milik madrasah dengan alamat situs web: https://man1lamongan.sch.id.

“Sama seperti tahun kemarin, pendaftaran dilakukan secara online penuh, sehingga masyarakat tidak usah jauh-jauh datang ke madrasah hanya untuk menyerahkan daftar,” jelas dia.

Di tempat yang sama, Asisten Humas MAN 1 Lamongan Roudlon menambahkan para calon siswa akan difasilitasi website yang ada. Dengan website, diharapkan pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2020/2021 benar-benar bisa dilakukan secara online.

“Langka ini ditempuh untuk menyederhanakan sistem, tetapi tidak mengurangi kualitas, bahkan kualitas pendaftarannya akan jauh lebih baik,” tutur Roudlon.

Apalagi, lanjut dia, bila belajar dari tahun lalu ternyata banyak calon siswa yang mendaftar dari luar kota Lamongan. Pihaknya prihatin bila mereka harus bolak-balik ke madrasah hanya untuk menyerahkan berkas yang kurang. “Kalau memang bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit? Inilah prinsip kita,” terang Roudlon.

Sesuai tahun lalu, lanjut dia, PPDB online akan disetting secara online, bahkan calon peserta didik pun bisa mendaftarkan diri menggunakan telepon genggam android atau handphonenya sekalipun. Mereka bisa langsung mengisi data dalam form formulir yang disediakan panitia, termasuk juga sudah bisa meng-upload berkas penunjang yang perlu.

“Setelah dinyatakan lengkap, calon peserta bisa memastikan apa datanya sudah diterima atau belum dan mendapatkan nomor test pendaftaran sekaligus mencetaknya secara online,” terang dia.

Sehingga, kata dia, mereka tinggal membawa nomor test pendaftaran dan berkas form isian yang dicetak itu ke panitia saat proses verifikasi. Sistem ini akan sangat menguntungkan bagi kedua bela pihak. Calon peserta didik tidak perlu susah-susah datang untuk mendaftar dan pihak panitia juga tidak dibuat repot dengan sistem pendaftaran manual seperti sebelumnya. (roudlon)

BERIKUT JADWAL DAN KETENTUAN PPDB MAN 1 LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 Kelompok Peminatan yang dapat dipilih adalah :

  1. Peminatan Keagamaan
  2. Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
  3. Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  4. Peminatan Bahasa dan Budaya

 

  1. Ketentuan Umum
  2. Beragama Islam
  3. Memiliki Ijazah SMP/MTs/Sederajat
  4. Memiliki SHUN/SHUAMBN SMP/MTs/Sederajat
  5. Berusia maksimal 21 tahun (per 1 Juli 2020)

KETENTUAN PENDAFTARAN

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara online melalui ppdbman1lamongan.sch.id, mencetak formulir dan kartu peserta dan menyerahlan ke panitia dilengkapi dengan persyaratan dan bukti fisik.
  2. Setiap calon peserta didik baru hanya diperbolehkan memilih satu peminatan/jurusan
  3. Bagi calon peserta didik baru yang hafal Al-Qur’an minimal 3 juz dan atau menjadi juara 1, 2 & 3 tingkat Nasional atau juara 1 tingkat Propinsi, atau memiliki golden tiket M2F akan diterima tanpa tes.
  4. Peserta didik yang sudah dinyatakan lulus seleksi berlaku ketentuan sebagai berikut :
  5. Peminatan MIPA, IPS, Bahasa dan Budaya diwajibkan memilih salah satu mata pelajaran lintas minat yakni Keterampilan (Desain Produk, Elektro,Tata Busana, Multimedia, Desain Grafis, Pemrograman)
  6. Peminatan Keagamaan diwajibkan tinggal di Ma’had Bahrul Fawaid dan mengikuti program pengembangan keagamaan.

SYARAT PENDAFTARAN JALUR KHUSUS

  1. Menyerahkan pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar
  2. Foto copy NISN (melalui web NISN)
  3. Foto copy Akte kelahiran
  4. Foto copy Kartu Keluarga
  5. Menunjukkan raport SMP/MTs/Sederajat yang asli
  6. Foto copy nilai raport semester 1 s.d. 5 yang sudah dilegalisir pejabat yang berwenang dengan minimal nilai tiap mata pelajaran UN 75 dan nilai komulatif rata-rata minimal 75.
  7. Menunjukkan piagam kejuaraan (minimal juara kabupaten) asli yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang (setingkat kedinasan) dan menyerahkan salinannya yang sudah dilegalisir.
  8. Mengikuti Tes Potensi Akademik dan Baca Tulis Al-Qur’an.  (Tes Potensi Akademik dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi UIN MALIKI Malang dengan biaya mandiri)

 JADWAL KEGIATAN JALUR KHUSUS

No Tanggal Kegiatan
1 2 s.d. 7 Maret 2020 Pendaftaran
2 12 s.d. 14 Maret 2020 Verifikasi data
3 22 Maret 2020 Tes Potensi Akademik dan Tes Baca Tulis Al-Qur’an
4 26 Maret 2020 Pengumuman
5 26 s.d. 28 Maret 2020 dan 3 – 4 April 2020 Daftar Ulang

 

Keterangan

  1. Piagam/sertifikat yang dihargai adalah piagam yang serendah-rendahnya diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kab./kota. Kantor Kementerian Agama Kab./Kota atau instansi atau lembaga pemerintah setara kabupaten atau diatasnya, dan atau piagam/sertifikat dari Sekolah/Yayasan.Forum/Ormas yang mengetahui Kepala Dinas Pendidikan Kab./Kota, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab./Kota atau Bupati/Walikota. Atau lembaga Pemerintah setara kabupaten atau diatasnya
  2. Jumlah calon peserta didik yang diterima pada Tahun Pelajaran 2020 / 2021 adalah peserta didik yang mempunyai peringkat tertinggi dan lulus seleksi sesuai daya tampung madrasah dengan rincian sebagai berikut :
Peminatan MIPA Peminatan  IPS Peminatan Bahasa dan Budaya Peminatan Keagamaan
252 peserta didik

(7 kelas x 36 )

144 peserta didik

(4 kelas x 36 )

36 peserta didik

(1 kelas x 36 )

36 peserta didik

(1 kelas x 36 )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here