Siswa MAN 1 Lamongan Juara 1 Lomba Robotic Nasional

SANG JUARA ROBOTIC. Mochammad Azzaruddin dan Wezza Aidhie Rezalwy didampingi Pembina robotika MAN 1 Lamongan Fatchul Ibad (kanan) usai dinyatakan juara 1 WiRC.

Lamongan-Jelang akhir tahun, siswa MAN 1 Lamongan memberikan kado istimewa bagi keluarga besar MAN 1 Lamongan. Tak main-main, hadiah itu diberikan dalam wujud prestasi yang sangat membanggakan dalam kompetisi bergengsi WiRC Nasional 2020. Bahkan, dalam lomba yang diadakan Universitas Islam As-Syafi’iyah Bekasi tersebut, siswa MAN 1 Lamongan berhasil menyabet juara satu mengalahkan peserta lain dari berbagai penjuruh  di tanah air.

“Alhamdulillah, atas doa dan dukungan seluruh civitas akademika, Tim Robotika MAN 1 Lamongan meraih Juara 1 Robot Sumo Senior Funtech Plaza Tournamen WiRC,” kata Pembina Robotika MAN 1 Lamongan, Fatchul Ibad dengan penuh gembira, Senin (14/12/2020).

Baca jugaJuara I Tingkat Asean, Siswa MAN 1 Lamongan Diundang ke Malaysia

Siswa MAN 1 Lamongan berprestasi tersebut tercatat bernama Mochammad Azzaruddin dan Wezza Aidhie Rezalwy. Keduanya duduk di bangku kelas XI MIPA-7. Atas bimbingan pembina, mereka diarahkan untuk ikut lomba  Robot Sumo Senior Funtech Plaza Tournamen WiRC. Persaingan dalam perlombaan WiRC tergolong sangat ketat, namun tim robotika dari MAN 1 Lamongan tetap berhasil melewati tahap demi tahap seleksi yang dilombakan, termasuk lolos ke-20 besar.

Fatchul Ibad yang juga guru olahraga MAN 1 Lamongan ini mengakui kompeteisi kali ini cukup menguras energy karena ada tiga tahapan yang harus dilewati untuk bisa lolos hingga tembus ke babak final. Yakni, sesi kualifikasi pertama pada 24 hingga 25 Oktober 2020 lalu. Tapi pada sesi ini, timnya berhasil lolos, sehingga dinyatakan berhak ikut dalam sesi kualifikasi kedua pada 14-15 November 2020 yang hanya diambil 20 besar dari sekian peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut.

Dalam seleksi 20 besar, hanya ada tiga tim asal provinsi Jawa Timur yang berhasil lolos. Yakni, MAN 2 Nganjuk, MAN 1 Pasuruan, dan MAN 1 Lamongan sendiri. Sementara kuota 20 besar lainnya diisi peserta dari berbagai penjuruh daerah di tanah air, seperti MAN 15 Jakarta, MAN 1 Cirebon, MAN 1 Mataram, MAN 2 Kota Jambi, MAN 2 Kota Banjarmasing, dan madrasah lainnya di tanah air.

Baca jugaLawan 15 Negara, Siswa MAN 1 Juara II Lomba ISTEC Tingkat Internasional

Fatchul Ibad menambahkan lawan-lawan dalam ivent Robot Sumo Senior Funtech Plaza Tournamen WiRC ini tergolong bukan yang lawan enteng, Makanya, pihaknya hanya focus pada pertandingan dan tentunya mengatur strategi. “Dan Alhamdulillah, berhasil,” tutur Ibad.

Keberhasilan tim robotika MAN 1 Lamongan tersebut disambut antusias dari civitas akademika MAN 1 Lamongan. Tak hanya guru, Kepala MAN 1 Lamongan Drs Akhmad Najikh, M.Ag juga tidak mau ketinggalan mengucapkan selamat dan terima kasih pada pembina dan siswa berprestasi tersebut. “Selamat bapak pembina dan anakku atas prestasinya semoga ke depan tim robotika MAN 1 lamongan semakin maju dan sukses aamiin 3x,” ucap Akhmad Najikh.

Hal senada juga disampaikan Waka Kesiswaan MAN 1 Lamongan Rouf Baydlowi. Guru Bahasa Arab MAN 1 Lamongan ini mengaku senang atas perstasi yang ditorehkan siswa MAN 1 Lamongan. Dikatakan, prestasi ini kian menambah daftar panjang perstasi siswa MAN 1 Lamongan. “Kami juga ucapkan selamat pada pembinanya dan juga guru serta civitas akademika MAN 1 Lamongan,” ujar Rof Baydlowi. (roudlon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *