Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Bertabur Hadiah Beasiswa, M2F 2022 Berlangsung Sukses

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan-Pelaksanaan Manela Maulid Festival (M2F) tahun 2022 berjalan lancar dan sukses, Minggu (13/02/2022). Kegiatan tahunan yang diadakan OSIS MAN 1 Lamongan tersebut bukan hanya berjalan semarak, tetapi juga diikuti ratusan peserta siswa SMP/MTs dari lima kabupaten, mulai Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Gresik, hingga Mojokerto. Mereka mengikuti seluruh rangkaian perlombaan dengan protokol Kesehatan (prokes) ketat di tengah pandemi Covid-19 ini.

Sesuai data di panitia, tercatat sebanyak 674 peserta dari berbagai wilayah di Jawa Timur ikut dalam perlombaan yang diadakan untuk memeringati hari ulang tahun MAN 1 Lamongan tersebut. Tercatat ada 13 jenis perlombaan yang diadakan dalam events M2F tahun 2022 ini, mulai olimpiade mapel IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, PAI, hingga lomba Cipta Baca Puisi, MTQ, MHQ, Kaligrafi, KIR, Pidato Tiga Bahasa, hingga Banjari.

Membludaknya jumlah peserta pada events M2F ini membuat persaingan dalam perebutan juara jadi berlangsung sangat ketat. Dan ini sekaligus menjadi potret betapa tingginya daya tarik siswa SMP dan MTs di Jawa Timur terhadap MAN 1 Lamongan untuk bisa diterima di madrasah yang berlokasi di Jalan Veterang Nomor 43 Lamongan tersebut. Dan itu bisa dimaklumi, karena event M2F tahunan bukan hanya sekadar memperebutkan  thropi juara, tetapi juga golden ticket untuk bisa masuk MAN 1 Lamongan tanpa tes.

“Bahkan untuk tahun ini, ada tambahan kebijakan. Khusus yang dapat juara satu, kita juga berikan beasiswa,” tegas Kepala MAN 1 Lamongan Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.Pd dalam sambutan dalam pembukaan M2F di gedung  aula, Minggu (13/02/2022).

Dalam kesempatan itu, mantan Kepala MTs Negeri 2 Lamongan ini juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah berjibaku mensukseskan kegiatan M2F.  “Kami ucapkan beribu ribu terima kasih kepada seluruh panitia M2F yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan hari ini. Semoga Allah SWT membalas semua jerih payah panjenengan semua dengan balasan yang lebih baik, amin,” ujar Nur Endah.

Terobosan MAN 1 Lamongan tersebut mendapat apresiasi dari Kemenag Lamongan. Kasi Pendma Kemenag Lamongan Drs H. Masduki Yasin, M.Pd yang datang mewakili Kepala Kemenag Lamongan H. Fausi, SE, M.Hi, M.Pd mengakui terobosan MAN 1 Lamongan ini luar biasa. “Langkah MAN 1 Lamongan ini luar biasa  di dalam menjaring bibit-bibit calon siswa potensial dan berprestasi,” puji Masduki Yasin dalam sambutannya.

Baca jugaJuara ISPO 2021, Siswa MAN 1 Lamongan Dapat Tiket Wakili ke Hongkong

Kegiatan perlombaan dilangsungkan selama seharin di tempat berbeda di areal MAN 1 Lamongan. Selama seharian itu juga, panitia OSIS dibantu guru pembina belerja ekstra keras untuk menjaga agar kegiatan perlombaan berlangsung lancar, dan tentunya fair. Dewan juri pun diambilkan dari kalangan professional yang memiliki integritas tinggi untuk menjaga marwah MAN 1 Lamongan.

Sesuai data dari panitia, para siswa yang berhasil menyabet tropi juara sangat beragam dari berbagai daerah. Pada olimpiade mapel IPA misalnya, juara pertamanya adalah siswa SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro, Widolas Putra, sementara juara dua adalah Ahmad Rafif I.H dari sekolah yang sama. Adapun juara ketiga diraih oleh Khaleva Arya Dewantara, siswa SMPN 1 Lamongan. Untuk olimpiade Matematika, juara pertama diraih oleh Reshandy Taftazani Aulya dari SMPN 1 Lamongan, disusul M. Kafa Mas’udi dari SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro sebagai juara dua, dan Rafael Dzinun Muhammad dari SMPN 1 Lamongan sebagai juara ketiga (lihat lengkapnya dalam daftar).

Sumber : Panitia M2F MAN 1 Lamongan 2022

Sekretaris Panitia M2F MAN 1 Lamongan Moh. Munari, S.Pd.I, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan M2F tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Guru mapel SKI ini kemudian menjelaskan perbedaannya adalah untuk tahun ini ada yang ditetapkan sebagai juara umum dan berhak membawa pulang tropi piala bergilir M2F. Selain itu, lanjut pria yang murah senyum ini, para peserta yang mendapat juara 1, 2, dan 3 berhak mendapatkan golden ticket untuk masuk ke MAN 1 Lamongan pada PPDB tahun 2022/2023 ini tanpa tes.

“Dan khusus untuk juara satu di masing-masing jenis perlombaan, kecuali lomba Banjari, juga masih diberi penghargaan tambahan, yakni diberi beasiswa satu semester,” tutur Munari.

Baca jugaPPDB TP 2022/2023 MAN 1 Lamongan Jalur Khusus Segera Dibuka 

Tentunya, lanjut dia, dengan ketentuan berlaku. Yang juara satu tersebut, kata dia, saat ini duduk di bangku kelas 9. Untuk itu, pihaknya berharap fasilitas ini dimanfaatkan dengan baik dalam moment PPDB MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2022/2023 ini. Apalagi, sesuai jadwal yang sudah diedarkan, jadwal pendatarannya sudah mulai dibuka untuk jalur khusus.

Lebih lanjut, Munari mengatakan bahwa selain fasilitas tambahan itu, para juara juga mendapatkan tropi juara dan uang pembinaan. Untuk juara satu mengantongi uang pembinaan sebesar Rp 800.000 untuk lomba individual, sedang untuk lomba melibatkan group atau team mendapatkan hadiah sebesar Rp 1.000.000. Sedang juara dua mendapatkan hadiah sebesar Rp 600.000 (untuk individu) dan sebesar Rp 800.000 (team). Adapun juara tiga berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 400.000 (individu) dan sebesar Rp 600.000 (team). (roudlon)

Foto-foto : Moch. Munari, S.Pd.I, M.Pd


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR