Selasa, 05 Mar 2024
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya Madrasah Digital yang Unggul, Berkarakter, Terampil, dan Berbudaya Lingkungan

5 Siswa MAN 1 Lamongan Lolos OSN Provinsi Tahun 2022

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan-Siswa MAN 1 Lamongan kembali mengukir prestasi. Bahkan dalam event Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten, sebanyak lima siswa berhasil mendapatkan tropi juara dan terpilih dikrim mewakili Kabupaten Lamongan dalam ajang OSN tingkat Provinsi pada bulan Agustus 2022 mendatang. “Alhamdulillah. Kami ucapkan selamat dan kami bangga pada anak-anakku yang berhasil meraih prestasi membanggakan ini,” ucap Kepada MAN 1 Lamongan, Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.Pd.I.

Menurut Nur Endah Mahmudah, ada kebijakan berbeda dalam penyelenggaraan OSN tahun ini, yakni pemilihan peserta yang akan mewakili kabupaten untuk ajang OSN tingkat provinsi tidak semata-mata dari hasil perolehan tropi juara. Tetapi, lanjut mantan Kepala MTs Negeri 2 Lamongan ini, didasarkan pada passing grade, sehingga tidak semua yang mendapat tropi juara otomatis terpilih mewakili kabupaten untuk tingkat OSN Provinsi kalau nilainya jauh dari passing grade yang ditetapkan. “Namun ada dua siswa kita yang juara, nilainya juga sangat tinggi melebihi passing grade, sehingga terpilih, lolos OSN tingkat provinsi,” terang Nur Endah Mahmudah.

Dua siswa yang juara dan terpilih lolos OSN tingkat provinsi karena nilainya di atas passing grade tersebut, lanjuta dia, adalah Aisyah Nur Mahmudah dan Dimas Ferdiansyah. Aisyah Nur Mahmudah, siswi kelas XI tersebut dapat tropi juara untuk lomba mata pelajaran (mapel) Fisika, sementara Dimas Ferdiansyah (siswa kelas XI), mendapat tropi juara untuk lomba mapel Kebumian. Tiga siswa MAN 1 Lamongan lainnya yang juga lolos OSN tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Lamongan adalah Aisyah Lalita Farhanah (mapel Ekonomi), Ajeng Cahya Ningtyas (Mapel Biologi), dan Aulia Zahro Fiba Putri (mapel Matematika).

Baca jugaMAN 1 Lamongan Juara Umum KSM Lamongan 2019

Nur Endah mengaku bangga terhadap siswa-siswinya yang menjadi juara dan terpilih lolos dalam OSN tingkat provinsi Jawa Timur menyisihkan teman-teman lainnya, yang juga sama-sama hebat. “Tetapi pencapaian ini jangan membuat kita jumawa dan terlena karena masih ada event yang lebih tinggi,” pesan istri pejabat Pemda Lamongan ini.

Dan tentunya, lanjut dia, kesulitan dan pesaing pada event selanjutnya akan lebih berat. Oleh karena itu, kata dia, sebagai pimpinan madrasah, dirinya sangat berharap pada seluruh civitas akademika MAN 1 Lamongan untuk saling bahu membahu membimbing dan mendukung anak-anak sehingga tercipta iklim belajar dan suasana hati yang tenang dan menyenangkan. “Sehingga mereka bisa belajar untuk mengeksplore diri semaksimal mungkin tanpa ada beban beban lain yang dapat mempengaruhi mood belajar mereka,” tegas dia.

Harapan selanjutnya, kata dia, dirinya berharap pada semua pemibina untuk tidak bosan-bosannya mendampingi, mengarahkan, dan membimbing mereka untuk lebih sukses karena ritme belajarnya pasti lebih intens dan sangat menyita waktu. “Saya sebagai kepala madrasah akan mensupport secara all-out untuk keberhasilan anak-anak,” janji dia seraya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berjuang bersama sehingga siswa MAN 1 Lamongan mencapai keberhasilan. “Semangat terus untuk mencapai prestasi,” tegasnya penuh semangat.

Baca juga : Siswa MAN 1 Lamongan Borong Tropi Juara, Regional hingga Nasional

Prestasi siswa-siswi MAN 1 Lamongan ini cukup membanggakan, karena untuk kesekian kalinya para siswa mampu bersaing dengan siswa madrasah dan sekolah lainnya. Dan sesuai catatan panitia OSN tingkat kabupaten Lamongan, peringkat MAN 1 Lamongan dalam ajang event OSN kabupaten ini menduduki peringkat ketiga karena berada pada nomor tiga yang paling banyak siswanya lolos maju ke OSN tingkat provinsi. Peringkat pertama diduduki SMAN 1 Lamongan yang berhasil meloloskan delapan siswanya. Sementara MAN 1 Lamongan berhasil meloloskan lima siswanya. Prestasi MAN 1 Lamongan ini tentu melebihi prestasi yang ditorehkan SMAN 2 Lamongan yang meloloskan empat siswanya. Sementara MA Matholiul Anwar hanya meloloskan tiga siswanya dalam OSN tingkat provinsi Jawa Timur. Dan sesuai rencana, event OSN tingkat provinsi Jawa Timur akan digelar pada Agustus 2022 mendatang. (roudlon)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR