Jumat, 19 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

KULIAH TAMU. Siswa Prodistik Dibekali Wawasan Tentang Pentingnya Keterampilan Dalam Dunia Kerja

Selasa (06/09). Menghadirkan narasumber dari Pusat Program Terapan Bidang TIK (PRODISTIK) pada kegiatan kuliah tamu, Pengurus Prodistik MAN 1 Lamongan mencoba membekali serta memberikan motivasi kepada peserta didiknya tentang orientasi program prodistik kedepan bagi kelanjutan siswa kelas XII yang akan lulus dan siswa kelas X yang baru masuk.

Kuliah tamu yang digelar di aula MAN 1 Lamongan ini diikuti siswa-siswi kelas X dan XII yang termasuk kelas prodistik. Suminto, M.Pd selaku Ketua PRODISTIK kepada redaktur mengatakan “Untuk kelas X materinya adalah tentang pengenalan prodistik, sementara untuk Siswa kelas XII materinya adalah tentang bagaimana orientasi anak nanti setelah lulus sekolah, mau kerja, kuliah atau mau menikah” lebih lanjut Guru yang juga mengajar Geografi ini berharap agar siswa kelas prodistik terutama kelas X ini nanti mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa saja yang diajarakan di prodistik dan bagaimana prosepeknya ke depannya.
Saat memberikan motivasi, Dr. Dra. Ismaini Zain, M.Si menuturkan bahwa kualitas lulusan itu ditunjukkan dengan tidak hanya kompeten di bidang akademik, tetapi juga mempunyai keterampilan dibidang IT atau bidang-bidang keterampilan lainnya. Hal senada juga disampaikan Tyas Ajeng Nastiti, M.Ds. yang menjadi narasumber kedua, dalam kuliahnya mengatakan “jenis pekerjaan yang digemari di 2030 adalah semuanya berbasis IT, ini adalah data yang harus kita pegang bahwa memang kita belajar prodistik ini untuk masa depan”. Lebih lanjut setelah memberikan gambaran dunia kerja saat ini dan yang akan datang, narasumber juga memberikan trik bagaimana menulis lamaran pekerjaan serta agar bisa lulus interview saat mencari kerja nantinya.
Disela-sela perkuliahan dan memberikan motivasi, narasumber juga mengajak aktif siswa peserta kuliah umum yang hadir yang kemudian diberikan hadiah bagi mereka yang berpartisipasi. (humas manela)
Foto : Ayik
Redaktur : Hadonk
KELUAR