Selasa, 18 Jun 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

PENDAMPINGAN GURU OLIMPIADE DAN SUSKES MASUK PERGURUAN TINGGI KERJASAMA DENGAN UIN MALIKI MALANG

Share Agar Bermanfaat!!

Senin ( 28/10). Kegiatan pendampingan guru olimpiade serta pendampingan siswa sukses masuk perguruan tinggi adalah upaya MAN 1 Lamongan dalam meningkatkan kompetensi guru dan siswanya, hal ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama MAN 1 Lamongan dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN MALIKI MALANG).

Baca Juga : MAN 5 JOMBANG STUDI TIRU PROGRAM KETERAMPILAN KE MAN 1 LAMONGAN

Kegiatan ini bertujuan mengupgrade dan mengupdate keilmuan guru agar lebih segar kembali, setelah guru terupdate diharapkan mampu mendampingi dan melayani peserta didik untuk lebih berprestasi sehingga mampu menembus kampus-kampus favorit. kata Nur Endah Mahmudah. Lebih lanjut kepala MAN 1 Lamongan ini mengatakan pelaksanaan pendampingan ini mulai dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda, semoga jiwa pemuda yang menggelora juga dapat menginspirasi bapak ibu guru untuk tetap semangat.
Dr. Aqyunul janah Wakil Dekan 2 UIN MalikiI Malang menegaskan bahwa kerja sama ini sama sama menguntungkan Karena dosen juga harus selalu meng-update diri yaitu ilmunya juga sebagai wujud pengamalan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat dan semoga kerjasama seperti ini dapat terus terjalin.

Selain itu, Ketua Tim Pembina Olimpiade dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi Guru MAN 1 Lamongan, Dr. Elly Susanti, M.Si. menjelaskan bahwa Tim pembina Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Kopetensi Sains Nasional (KSN) olimpiade bidang matematika, biologi, Kimia, Fisika, geografi, dan ekonomi bertujuan untuk pengembangan Madrasah melalui prestasi KSN dan KSM, serta prestasi Ujian Masuk PTN. Disisi lain, kegiatan pendampingan ini sebagai implementasi dari MoU UINMA Malang dengan MAN 1 Lamongan. Untuk mencapai target prestasi KSN maupun KSM diperlukan latihan oleh siswa-siswi dan pendampingan Semua bapak/ibu guru MAN 1 Lamongan, khususnya Pengajar mata pelajaran tersebut. setelah pembinaan dan pendampingan bagi bapak/ibu guru, akan dilanjutkan penbekalan kepada anak-anak terkait dengan materi dan silabus.
Untuk materi KSN dan KSM tingkat Kabupaten diharapkan terselesaikan dalam satu sesi, yakni akhir bulan November. kemudian Untuk tingkat Provinsi dan nasional dapat teselesaikan pada sesi berikutnya, yakni bulan Desember. Kemudian diakhir bulan desember sampai Januari diharapkan siswa-siswi dapat menyelesaikan materi-materi untuk tingkat nasional sehingga bulan pebruari dan maret sudah siap materi-materi dan soal untuk kopensi tingkat nasioanl.
Kemudian untuk Ujian Masuk PTN, Tim Pendamping dari Uinma Malang siap mendampingi siswa-siswi MAN 1 Lamongan dengan harapan siswa-siswi dapat diterima di PTN dengan Prodi sesuai keinginan. Tim akan memberikan Grade hasil capaian dengan melakukan pemetaan melalui hasil pembinaan dan Tryout. Dari tryout itu akan diketahui nilai dan standar nilai untuk masuk PTN.Namun jika belum mencapai titik keinginan, maka dilakukan pembinaan berkelanjutan sampai stagnan di bulan Maret, yakni pada saat Penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi.
Kegiatan pendampingan yang di mulai jumat (28/10/2022) ini dikemas seperti kegiatan belajar mengajar dan tanya jawab. Setiap guru akan dikelompokkan berdasarkan mapelnya masing-masing, kemudian akan ada 1 dosen mapel yang sama untuk menjadi pendamping selama kegiatan ini. Nantinya dosen UIN Maliki Malang ini akan membagikan pengalaman, metode serta trik bagaimana mendampingi siswa untuk kelas olimpiade maupun Ujian Masuk PTN, sehingga diharapkan guru-guru MAN 1 Lamongan setelah kegiatan pendampingan ini dapat mengajarkan dan membagikan apa yang telah didapatnya kepada anak didiknya sehingga nantinya siswa-siswi MAN 1 Lamongan diharapkan semakin banyak yang dapat menembus perguruan tinggi terbaik yang ada di indonesia ataupun di luar negeri. Adapun kegiatan ini akan berakhir tanggal 24 Desember 2022. (humas manela)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR