Sabtu, 13 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

KENALKAN LINGKUNGAN KAMPUS, INDUSTRI DAN WISATA. MAN 1 LAMONGAN AJAK SISWANYA KE UNAIR DAN PT. PLTU PAITON

Share Agar Bermanfaat!!

Selasa (07/02/2023) yang lalu, MAN 1 Lamongan melaksanakan kegiatan Studi Kenal lingkungan (SKL) 2023. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas XI, beberapa perwakilan staff pimpinan serta  wali kelas masing-masing kelas XI sebagai pendamping. Studi Kenal Lingkungan 2023 atau bisa disebut dengan SKL ini merupakan salah satu program dari Kurikulum dan Kesiswaan MAN 1 Lamongan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap 1 tahun sekali dan dikhususkan untuk siswa-siswi kelas sebelas. Tujuan dari kegiatan SKL adalah menambah wawasan penjurusan perguruan tinggi, serta pembelajaran secara outdoor di beberapa industri besar. Pada tahun 2023 ini, tempat tujuan SKL MAN 1 Lamongan adalah Universitas Airlangga Prodi Hukum dan Manajemen Bisnis dan PT. PLTU Paiton.

BACA JUGA : PEYULUHAN KESEHATAN, UKS UNDANG 4 MAHASISWA KESEHATAN ALUMNI MAN 1 LAMONGAN

Ditemui sepulang dari kegiatan SKL, Titik Lestari selaku Waka Kesiswaan MAN 1 Lamongan mengungkapkan “Dengan diadakannya SKL ini kita berharap anak-anak kita khususnya siswa-siswi MAN 1 Lamongan kelas XI punya gambaran tentang masa depannya dari dunia kampus sampai dunia usaha.”sehingga ketika mereka lulus dari MAN bisa ancang-ancang (red;merencanakan) mau kemana untuk menata masa depannya, dan semua itu kembali lagi untuk anak, untuk kehidupan meraka yang akan datang”. Lebih lanjut Asisten Waka Kesiswaan Fita Amalia mengatakan “SKL tahun ini untuk Studi kampusnya kita ke UNAIR Surabaya di Fakultas Hukum, dengan harapan dapat memotivasi anak-anak untuk bisa melanjutkan ke UNAIR”.

Dengan sembilan bus, rombongan berangkat dari MAN 1 Lamongan menuju Universitas Airlangga untuk melaksanakan studi kampus. Perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga memaparkan materi kepada siswa Prodi MIPA MAN 1 Lamongan sedangkan untuk Prodi Agama, Bahasa, dan IPS mendapatkan materi dari dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Penyajian materi dengan waktu yang terbatas membuat para siswa-siswi sangat antusias, setelah menerima materi para siswa melanjutkan tour campus mengelilingi gedung-gedung fakultas di Universitas Ailangga.

Tepat pukul 12.00 WIB perjalanan dilanjutkan menuju industry listrik PT. PLTU Paiton, Probolinggo. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton 3 yang berlokasi di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dimana saat ini merupakan PLTU berkapasitas terbesar di Indonesia yang secara efektif telah beroperasi tanggal 18 Maret 2012. Setelah dari PT. PLTU Paiton peserta SKL beranjak menuju Bali untuk melaksanakan studi wisata. Beberapa destinasi wisata yang dikunjungi antara lain Ziarah wali syeh abdul qadir Muhammad, Candi kuning dan Garuda Wisnu Kencana (GWK). Dengan kegiatan Studi wisata ini diharapkan siswa siswi MAN 1 Lamongan dapat mengambil manfaat, meningkatkan nilai-nilai pengetahuan sosial budaya, memiliki wawasan yang luas tentang alam dan lingkungannya.

Harapan dari kegiatan SKL ini, siswa termotivasi untuk melanjutkan kuliah, sehingga ada peningkatan jumlah siswa MAN 1 Lamongan yang diterima di perguruan tinggi negeri, sementara untuk siswa-siswi yang tidak melanjutkan kuliah akan mendapat informasi tentang dunia industri sehingga mereka tidak kaget jika nantinya setelah lulus masuk ke dunia industri. (humas manela)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR