Selasa, 05 Mar 2024
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya Madrasah Digital yang Unggul, Berkarakter, Terampil, dan Berbudaya Lingkungan

PEYULUHAN KESEHATAN, UKS UNDANG 4 MAHASISWA KESEHATAN ALUMNI MAN 1 LAMONGAN

Sabtu (04/02/2023). Tim UKS MAN 1 Lamongan kembali menggelar kegiatan dalam upaya membekali kadernya. Kegiatan berupa penyuluhan kesehatan ini di maksudkan dapat menambah wawasan bagi kader Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tentang bagaimana memberikan penanganan pertama pada pasien.

BACA JUGA : UNIVERSITAS INDONESIA IKUT MERIAHKAN CAMPUS EXPO MAN 1 LAMONGAN

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ibu Kepala MAN 1 Lamongan Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.Pd.I ini di ikuti tidak hanya oleh kader UKS saja, sejumlah anggota PMR juga turut hadir.

Yunita Almaulidah dari S1 Kedokteran UMM, Vony Lousi Amalia dari S1 Keperawatan STIKES Pemkab Jombang dan Selvia Damayanti dari D3 keperawatan UNAIR yang ditunjuk sebagai pemateri dan Amaliya Putri dari S1 Teknologi Pangan UNDIP sebagai moderatornya. Dimana keempat mahasiswa kesehatan tersebut adalah merupakan alumni MAN 1 Lamongan sendiri.

Dilaksanakan di aula utama MAN 1 Lamongan, kegiatan dibagi menjadi 2 sesi, sesi yang pertama berupa pemaparan materi dan sesi kedua berupa tanya jawab. Pada sesi pertama pemateri menjelaskan tentang Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital (Vital Sign), Yaitu pengukuran tanda-tanda fungsi vital tubuh yang paling dasar, hal ini berguna dalam mendeteksi atau pemantauan masalah medis, yang berkaitan dengan masalah kesehatan pasien. Pemeriksaan tanda-tanda vital meliputi pemeriksaan tekanan darah atau tensi, pemeriksaan denyut nadi, pemeriksaan respirasi (pernafasan) dan pemeriksaan suhu tubuh.

Selain itu, peserta kegiatan ini juga diajari fungsi dari alat-alat yang berkaitan dengan tanda-tanda vital (TTV) seperti Spignomanometer, Stetoskop,  Jam Analog dan Thermometer, peserta juga diajari bagaimana tahap-tahap penggunaan alat tersebut. (humas manela)

KELUAR