Jumat, 19 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Peringati Hardiknas 2023, MAN 1 Lamongan Gelar Upacara, Halal Bi Halal Hingga Screening Kesehatan

Share Agar Bermanfaat!!

JATIMPOS.CO/LAMONGAN – Semarakkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan menggelar serangkaian kegiatan diantaranya mulai upacara bendera, halal bi halal hingga kegiatan cek kesehatan berupa screening anemia bagi peserta didiknya.

Kegiatan cek kesehatan dalam rangka wujud kepedulian terhadap siswa diadakan screening pencegahan anemia secara serentak yang diikuti 889 peserta didik putra dan putri mulai kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan yang berlangsung di ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Staf kesehatan MAN 1 Lamongan Laili Himmatul Azizah mengatakan, kegiatan screening anemia yang pertama kali dilaksanakan ini melibatkan seluruh siswa kelas X dan XI serta melibatkan petugas UKS MAN 1 Lamongan.

BACA JUGA : Dapat Bantuan SBSN, MAN 1 Lamongan Bakal Miliki Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan

“Untuk peserta seluruh siswa siswi kelas X dan XI sedangkan kelas XII tidak kita libatkan karena sudah selesai ujian dan tinggal menunggu pengumuman hasil ujian, sementara petugas kita libatkan dari petugas UKS MAN sendiri,” kata Laili Himmatul Azizah saat ditemui jurnalis jatimpos.co disela sela kegiatan, Selasa (2/5/2023).

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini setiap petugas melakukan pengecekan terhadap tensi dan kondisi bola mata setiap siswa-siswi. Karena menurutnya untuk deteksi dini terhadap gejala penderita anemia bisa dilakukan dengan pengecekan dua hal tersebut.

“Untuk gejala awal anemia bisa di lihat dari hasil tensi dan kelopak bola matanya, jika berwarna putih bisa mengarah namun belum bisa dipastikan menderita anemia untuk itu nanti perlu dilakukan cek labolatorium lebih lanjut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Himma mengungkapkan pihaknya kedepan akan melakukan cek lanjutan bagi peserta yang diketahui dari hasil pemeriksaan tensi dan bola mata yang mengarah menderita anemia akan dilakukan screening anemia melalui pengecekan kadar hemoglobin (HB) .

“Untuk standar normal bagi perempuan HB 12, sedangkan bagi laki-laki HB 13. Maka jika kurang dari itu bisa mengalami anemia,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala MAN 1 Lamongan Nur Endah Mahmudah mengatakan bahwa kegiatan screening anemia bagi peserta didik di MAN 1 Lamongan merupakan kegiatan guna mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan pada peserta didik agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

“Alhamdulillah antusias para peserta sangat tinggi, dan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar. Hal ini bagian dari ikhtiar kita, semoga semuanya sehat,” kata Nur Endah Mahmudah. (bis)

COPY : JATIMPOS.CO

LINK : https://www.jatimpos.co/pendidikan/11765-peringati-hardiknas-2023-man-1-lamongan-gelar-upacara-halal-bi-halal-hingga-screening-kesehatan


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR