Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

TINGKATKAN PERAN SEBAGAI KONSELING TEMAN SEBAYA, MAN 1 LAMONGAN GELAR DIKLAT SSK DAN PIK R

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan, 27 September 2023). Rabu kemarin, MAN 1 Lamongan menggelar diklat SSK dan PIK R bagi siswa-siswi Manela yang tergabung dalam kader SSK dan PIK R. Sekolah Siaga Kependudukan atau disingkat SSK merupakan sekolah yang mengintegrasikan materi kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) ke dalam beberapa mata pelajaran dan kegiatan siswa yang ada di sekolah, misalnya ekstrakurikuler. Sedangkan PIK R merupakan wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja. Keduanya saling melengkapi untuk membantu memberikan informasi yeng terpadu bagi remaja dalam meningkatkan perannya menyiapkan kehidupan berkeluarga.

Menggandeng Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Lamongan dan insan Generasi Berencana (GenRe), diklat SSK dan PIK R berjalan begitu meriah dan interaktif. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah Ir. Gunawan Wibisono dan Drs. Muhammad Farid, S.Pd, MM dari Dinas PPKB Kabupaten Lamongan yang menyampaikan materi seputar Sekolah Siaga Kependudukan. Ada juga narasumber dari Insan GenRe Kabupaten Lamongan yang membawakan materi tentang Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau PIK R.

BACA JUGA :Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, Santri Ma’had Bahrul Fawaid MAN 1 Lamongan mengadakan lomba Menyanyi lagu-lagu Shalawat Banjari.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kader-kader SSK dan PIK R dapat menjalankan perannya sebagai pusat informasi bagi teman sebayanya. Mereka juga bisa melaksanakan peer konseling dalam merencanakan persiapan kehidupan berkeluarga kelak. Selain itu, kader-kader juga diharapkan dapat memahami dan mengambil sikap dalam menghadapi isu kependudukan yang sedang tren saat ini termasuk tentang bonus demografi di Indonesia”, kata Diah Andayani, S.Pd, Ketua SSK MAN 1 Lamongan.

Diklat SSK dan PIK R secara langsung dibuka oleh Kepala MAN 1 Lamongan, Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.Pd.I didampingi oleh Waka Kesiswaan, Titik Lestari, S.Pd. “Kegiatan ini benar-benar kami harapkan mampu menjadi tempat belajar sehingga kader SSK dan PIK R Cemani MAN 1 Lamongan dapat menjalankan perannya untuk menularkan ilmu yang sudah diperoleh melalui diklat hari ini,” ucap Kepala Madrasah.

Selain materi dan informasi dari narasumber tadi, kegiatan diklat ini juga diramaikan dengan sharing bersama Duta GenRe MAN 1 Lamongan tahun 2023. Duta GenRe tersebut adalah Shalbyah Az Zahratul Jannah (12 MIPA 6), M. Reza Ramadhani (XII MIPA 1), dan Aqilla Nafis Ikhsandra (12 MIPA 1). Hal ini membuat peserta diklat menjadi sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Biologi tersebut.

“Saya pribadi menjadi lebih paham tentang SSK, PIK R, dan GenRe. Yang jelas, kami mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru,” kata Annisa, salah satu peserta dari kelas XI IBB. Hal yang sama juga dikemukakan oleh M. Zahid Ali Wafi (XI MIPA 6) ketika ditemui setelah mengikuti diklat. “Diklatnya sangat menyenangkan, nggak bikin bosen, ilmunya juga sangat bermanfaat dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.” [Humas MAN 1 Lamongan]


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR