Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

GELAR KEPEMIMPINAN BARU, OSKAMANELA ADAKAN LDKS JUJUR, AMANAH DAN BERSAHAJA

Share Agar Bermanfaat!!

Kegiatan LDKS OSIS dan MPK MAN 1 Lamongan masa Bhakti tahun 2023-2024 baru saja dilaksanakan di Pacet Mojokerto. Adapun tema yang diangkat LDKS kali ini yakni “Membentuk Generasi Pemimpin yang Santun, Mandiri, Kreatif dan Bertanggung Jawab.” Sebanyak 85 orang siswa dan 12 orang pendamping diterjunkan dalam kegiatan tersebut. Mereka terdiri dari pengurus inti dan koordinator masing-masing Sekbid. Selama dua hari, tanggal 9-10 Oktober 2023 peserta diklat di tempah di kawah candradimuka menjadi seorang pemimpin yang hebat dan bermartabat.

BACA JUGA : TINDAK LANJUT SCREENING, UKS MAN 1 LAMONGAN LAKUKAN PENYULUHAN ANEMIA

Pelaksanaan LDKS OSKAMANELA di awali dengan upacara pembukaan yang ditandai dengan penyematan kartu Id Card bagi peserta diklat. Upacara pembukaan tersebut bertempat di lapangan utama kawasan Villa Agape Pacet. Dalam sambutannya ibu Titik Lestrasi, S.Pd selaku Waka Kesiswaan menyampaikan pesan agar peserta diklat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh, agar kembali ke madrasah menjadi pemimpin yang bisa dicontoh dan diteladani bagi teman-temanya. Selepas upacara dilaksanakan peserta diklat menghafalkan yel-yel sebagai ciri yang melekat sebagai kader pemimpin OSKAMANELA. Tagline yang diusung tersebut yakni OSKAMANELA Jujur, Amanah dan Bersahaja. Dibanyak kesempatan materi diklat selalu dikobarkan yel-yel tersebut untuk memompa semangat mereka dalam berorganisasi.


Sebanyak 6 materi pilihan yang diagendakan oleh panitia LDKS dalam menyiapkan generasi OSKAMANELA yang Santun, Mandiri, Kreatif dan Bertanggungjawab. Materi tersebut antara lain Kepemimpinan, PBB dan Ketangkasan, Keorganisasian, Keadministrasian, Proker dan ESQ. “Untuk menjadi generasi yang disiplin dan bertanggung jawab perlu diwadahi dalam materi PBB dan Ketangkasan”, kilah Pak Dedy Chandra, S.Pd selaku asisten Wakasis. Kegiatan dilanjut dengan membuat miniatur benda dengan bahan sedotan plastik dan jarum pentul. Mereka dilatih untuk membuat karya dan dapat mempresentasikan karya tersebut ke kelompok lain. Dalam kegiatan ini peserta diklat sangat antusias dan responsif terhadap karya yang telah dibuatnya itu. Sebab presentasi karya tersebut harus dihubungkan dengan keorganisasian OSKAMANELA.


Materi diklat LDKS dilanjut hingga malam hari. Meskipun demikian, mereka tetap bersemangat mengikutinya sampai purna. Selepas jamaah sholat Isya’, mereka mendapatkan materi diklat antara lain keorganisasian, keadministrasian dan menyusun program kerja Osis dan MPK. Materi tersebut disampaikan satu persatu oleh panitia pendamping sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Dalam menyusun program kerja. Peserta diklat mendapatkan bimbingan langsung dari pembinanya masing-masing. Sebagai bahan dalam menjalankan roda keorganisasian ke depan.
Puncak dari kegiatan malam yakni diadakan muhasabah dan ESQ. Peserta diklat betul-betul diajak untuk mengevaluasi diri mereka masing-masing. Bagaimana menjadi seorang hamba dihadapan sang khaliq. Bagaimana seorang hamba yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Bagaimana memunculkan pikiran-pikiran positif agar hidup menjadi lebih baik. Di akhir kegiatan tersebut peserta diklat diajak untuk selalu mawas diri sebagai seorang pemimpin yang bersahaja.


Sedangkan dalam membentuk karakter disiplin, bertanggungjawab, gotong-royong, mandiri dan kreatif dikemas dalam bentuk outbound. Berbagai macam permainan telah mereka ikuti untuk membentuk sifat kepemimpinan. Permainan itu antara lain memindahkan benang ruwet, estafet bola, estafet air dan mengisi air ke dalam pipa. Seluruh rangkaian kegiatan outbound tersebut kemudian dievaluasi oleh tim outbound dan dijadikan sebagai bahan pelajaran dalam berorganisasi.
Kegiatan LDKS OSKAMANELA ditutup dengan upacara penutupan di lapangan utama kawasan Villa Agape Pacet. Bertindak sebagai pembina upacara adalah bapak Muhajir, S.Pd. selaku pembina Osis. Dalam sambutannya mengatakan bahwa “Menjadi seorang pemimpin harus memiliki karakter yang baik dan dapat diteladani.” Tutur beliau dengan santun. Upacara penutupan diakhiri dengan pelepasan Id card peserta diklat dan pemberian reward kepada kelompok yang berprestasi. (Har)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR