Kamis, 25 Jul 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

TIM KIR MANELA PERSEMBAHKAN JUARA 1 LOMBA INOVASI TEKNIK LINGKUNGAN DI ITS SURABAYA

Share Agar Bermanfaat!!

(Lamongan, 10 Oktober 2023). Tiga siswa MAN 1 Lamongan yang tergabung dalam tim KIR berhasil mempersembahkan kemenangan sebagai Juara 1. Kemenangan ini diperoleh setelah lolos babak final dalam Lomba Inovasi Teknik Lingkungan yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kegiatan ini berlangsung tanggal 7 hingga 8 Oktober kemarin.

BACA JUGA :GELAR KEPEMIMPINAN BARU, OSKAMANELA ADAKAN LDKS JUJUR, AMANAH DAN BERSAHAJA

Tiga siswa tersebut adalah M. Kevin Mulki Hakim (XII Mipa 9), Lia Farihatus Sa’diyah (XII Mipa 5), dan Alystya Seno Kusumawardani (XII MIPA 6). Penelitian yang berhasil mencuri perhatian juri itu berjudul FOSTER (Food Waste Bank Smart System): Sistem Pengolahan Limbah Sisa Makanan Berbasis Aplikasi untuk Mengurangi Limbah Mewujudkan Smart Eco City.

“Tema yang diusung dalam lomba yaitu Sustainable Economy Menuju Smart Eco City, menurut saya sangat relevan dengan penelitian yang diambil. Apalagi ada aplikasi yang digunakan untuk membantu penanganan limbah sisa makanan dengan berbagai fitur yang menarik,” ungkap Siti Aminah, S.Pd, M.M, Ketua Program Olimpiade dan Riset MAN 1 Lamongan.
Lebih lanjut, beliau menuturkan harapannya sebagai pembina agar KIR dapat menjadi salah satu ekstrakurikuler yang mendorong dan menumbuhkan karakter positif bagi siswa. Karakter itu antara lain budaya berliterasi, tekun dan pantang menyerah dalam melaksanakan riset dan sportif.
Salah satu anggota tim KIR, Riha, panggilan akrab Lia Farihatus Sa’diyah saat ditemui di sela-sela kesibukannya mengatakan bahwa ia dan tim sudah menduga akan meraih juara dari reaksi juri saat interview. “Kami sangat bersyukur bisa mempersembahkan juara 1. Harapan saya secara pribadi, semoga kemenangan ini bisa menjadi salah satu jalan kemudahan bagi kami untuk melanjutkan Pendidikan ke ITS khususnya Departemen Teknik Sipil yang masih satu fakultas dengan Teknik Lingkungan,” ungkap Riha penuh semangat.
Dengan prestasi ini semoga bisa menjadi motivasi agar tim KIR MAN 1 Lamongan semakin bersemangat dan sukses mempersembahkan prestasi terbaiknya serta dapat merealisasikan ide dan inovasi agar terus bisa dikembangkan. Selain menjadi kebanggaan pribadi, prestasi ini tentu akan mengharumkan nama madrasah. [HUMAS MANELA]

 


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR