Senin, 24 Jun 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Studi Kenal Lingkungan MAN 1 Lamongan sarana eksplorasi dunia kampus

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan (14 Desember 2023) – Sebanyak 444 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan mengikuti kegiatan Studi Kenal Lingkungan (SKL) ke Yogyakarta selama empat hari, mulai dari tanggal 11 hingga 14 Desember 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pada perguruan tinggi dan dunia industri, sekaligus meningkatkan wawasan dan pengalaman mereka.

Kegiatan SKL ini didampingi oleh Kepala MAN 1 Lamongan, Nur Endah Mahmudah, S, Ag, M.Pd.I, Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan Titik Lestari, S.Pd. , wakil kepala madrasah bidang humas Abd. Hadi, S.Pd , kepala Tata Usaha M. Syaiful, M.Si, dan seluruh wali kelas XI. Mereka berangkat dari Lamongan pada Senin malam, menggunakan bus pariwisata, dan tiba di Jogja pada pagi hari.

Salah satu tujuan utama SKL adalah mengunjungi Akademi Militer (AKMIL) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Di AKMIL, siswa diarahkan untuk menuju ke musium Akmil mngamati peninggalan-peninggalan bersejarah militer, selanjutnya siswa mendapatkan penjelasan langsung dari kepala teritorial AKMIL, Bapak Deddy KN di gedung Nasution tentang sejarah, visi, misi, kurikulum, dan prospek lulusan AKMIL. Siswa juga berkesempatan untuk melihat langsung fasilitas dan aktivitas taruna AKMIL. Di UNY, siswa diterima oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Fishipol UNY, Prof.Dr. Mukhammad Murdiono, M.Pd. selanjutnya diteruskan oleh dosen Fishipol, Dr. Sari, M.Pd. Beliau memberikan pemaparan kepada siswa-siswi MAN 1 Lamongan tentang sistem penerimaan Mahasiswa Baru, berbagai program studi, perkuliahan, dan peluang kerja bagi alumni UNY. Siswa juga diajak untuk berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen UNY.

Selain tujuan akademis, SKL juga mengunjungi industri cokelat Tugu, yang merupakan produsen cokelat asli Yogyakarta dengan 17 varian rasa. Di sini, siswa dapat melihat proses pembuatan cokelat, mulai dari pemilihan biji kakao, pengolahan, hingga pengemasan. Siswa juga dapat mencicipi dan membeli cokelat Tugu sebagai oleh-oleh.

Tidak ketinggalan, SKL juga menyisipkan beberapa tempat wisata alam yang menarik dan edukatif, seperti alam gemplong, jeep adventure merapi, hutan pinus penger, dan heha sky view. Di alam gemplong, siswa dapat menikmati keindahan hutan pinus yang masih alami dan asri, serta berfoto di berbagai spot unik yang ada di sana. Di jeep adventure merapi, siswa dapat merasakan sensasi berkendara dengan jeep terbuka di lereng Gunung Merapi, sambil melihat sisa-sisa letusan 2010, seperti bunker, museum sisa harta, batu wajah, dan batu alien. Di hutan pinus penger, siswa dapat melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian, terutama pada malam hari, saat lampu-lampu kota menyala. Di heha sky view, siswa dapat menikmati pemandangan langit dan kota dari lantai dua, serta berfoto di berbagai spot foto yang keren, seperti sky glass, love box, sky swing, dan heha aeroplane.

\

Kegiatan SKL ini mendapat apresiasi dari Kepala MAN 1 Lamongan, yang mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan. “Kami berharap siswa dapat belajar banyak dari kunjungan ini, baik dari segi akademis, industri, maupun wisata. Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah menerima dan membantu kami selama di Jogja,” ujarnya. (Humas manela)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR