Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

MAN 1 Lamongan Hadirkan Semangat Membangun Kebersamaan Lewat Halalbihalal

Share Agar Bermanfaat!!

[Lamongan, 18 April 2024] Pada hari efektif pertama, Kamis, 18 April 2024, MAN 1 Lamongan langsung menggelar kegiatan halalbihalal. Kegiatan yang bertempat di aula MAN 1 Lamongan ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, komite madrasah, Kasi Pendma Kantor Kemenag Kabupaten Lamongan, serta tamu undangan. Tampak hadir pula dalam kegiatan ini, mantan kepala MAN 1 Lamongan, Drs. H. M. Syamsuri, M.Pd beserta istri dan Drs. Akhmad Najikh, M.Ag beserta istri.

Menurut Hj. Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.PdI, kepala MAN 1 Lamongan, kegiatan yang mengusung tema “Membangun Kebersamaan dengan Saling Memaafkan” ini terasa begitu istimewa. Hal ini lantaran kehadiran Prof. Dr. K. H. Masykuri Bakri, Rektor Universitas Islam Malang sebagai pembicara. “Sungguh suatu kehormatan bagi kami, keluarga besar MAN 1 Lamongan, Prof. Masykuri bisa hadir di sela-sela kesibukan beliau. Semoga nanti bisa memberikan nasihat-nasihat yang akan memotivasi kita untuk meningkatkan kualitas diri dan profesionalitas di madrasah,” kata Hj. Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.PdI dalam sambutannya.
Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Lamongan, H. Banjir Sidomulyo, M.Pd, melalui sambutannya juga memberikan apresiasi dan motivasi agar kebersamaan yang telah terjalin di antara civitas akademika MAN 1 Lamongan dapat menjadi sebuah keberkahan tersendiri. “Keberkahan ramadan perlu terus kita jaga untuk mengalirkan energi positif dalam menjalankan aktivitas dan pembelajaran di madrasah,” lanjutnya.


Prof. Dr. K. H. Masykuri Bakri dalam kesempatan tersebut memberikan beberapa nasihat. Menurut beliau, manusia pada hakikatnya dilahirkan dalam keadaan suci. Namun, seiring dengan kehidupan di dunia fana, kodrat kesucian manusia tersebut bergeser. Manusia mulai dihadapkan pada berbagai orientasi kehidupan. Maka, manusia perlu untuk terus berpegang teguh pada Al-Qur’an dan hadist sebagai petunjuk dalam mengarungi kehidupan.
Prof. Dr. K. H. Masykuri Bakri juga mengajak seluruh peserta halalbihalal untuk bersyukur atas nikmat dan kasih sayang Allah SWT. “Salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT adalah dengan memberikan kita kesempatan untuk bisa upgrade hubungan dengan sesama, upgrade hubungan dengan Allah melalui ibadah yaitu bulan ramadan. Maka, jejak ramadan ini kita upayakan terus terjaga walaupun kadang tergerus oleh waktu,” jelas Prof. Dr. K. H. Masykuri Bakri.

BACA JUGA: Kabar Gembira dari MAN 1 Lamongan: 37 Siswa Berhasil Lolos SNBP 2023_2024

Beliau juga mengingatkan tentang kodrat manusia yang diciptakan dari tanah. “Tanah memberikan kemanfaatan bagi kehidupan semua makhluk. Tanah tidaklah bergejolak, maka sejatinya manusia juga demikian. Tanah itu menumbuhkan, maka selayaknya manusia itu mampu mengendalikan dan bukan dikendalikan,” lanjutnya.
Dalam akhir sambutannya, Prof. Dr. K. H. Masykuri Bakri meminta kepada seluruh peserta halalbihalal untuk berupaya membangun kesamaan dalam mengembangkan aktivitas, mengembangkan ibadah dalam wadah kelembagaan MAN 1 Lamongan, merefleksikan diri, dan mendorong kemajuan lembaga melalui riset-riset untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan di madrasah yaitu mencetak insan kamil dan insan yang mukmin.

Kegiatan yang dibuka dengan tampilan gambus Aliyatul Fajar MAN 1 Lamongan ini berlangsung tertib, meriah, dan penuh kekeluargaan. [Humas Manela]


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR