Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Warna-Warni Peringatan Hari Kartini, MAN 1 Lamongan Kobarkan Semangat Pendidikan dan Emansipasi

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan, 22 April 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April setiap tahunnya, MAN 1 Lamongan mengadakan kegiatan apel. Uniknya, seluruh guru, pegawai, dan juga siswa-siswi mengenakan kostum berbeda dari hari-hari biasanya. “Untuk siswa dan bapak guru serta pegawai mengenakan kemeja batik bernuansa coklat, sedangkan untuk ibu guru, pegawai, dan siswi mengenakan kebaya,” jelas Abdul Hadi, S.Pd, Humas MAN 1 Lamongan. Kegiatan yang menginspirasi dan memotivasi ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai dan digelar di lapangan utama MAN 1 Lamongan.

BACA JUGA : MAN 1 Lamongan Hadirkan Semangat Membangun Kebersamaan Lewat Halalbihalal

Seluruh petugas apel tersebut pun merupakan ibu-ibu. Sebagai pembaca susunan acara, Anis Choirun N, M.Pd, pemimpin apel dihandel langsung oleh Titik Lestari, S.Pd selaku Waka Kesiswaan. Pembaca sejarah R.A. Kartini adalah Siti Khofilah, S.Pd, M.Pd selaku Waka Kurikulum, pembaca doa adalah Alifatuz Zamzami, M.Pd.I selalu Kepala Ma’had Bahrul Fawaid MAN 1 Lamongan, sedangkan pembina apel adalah Kepala MAN 1 Lamongan, Nur Endah Mahmudah, S.Ag., M.Pd.I.

Dalam sambutannya, pembina apel dengan penuh antusias mengajak seluruh civitas madrasah untuk mengambil inspirasi dari sosok Raden Ajeng Kartini dalam memajukan pendidikan dan emansipasi wanita. Nur Endah Mahmudah menekankan pentingnya pendidikan sebagai kunci untuk membuka pintu kesempatan dan mencapai kesetaraan gender. Meski demikian, Nur Endah Mahmudah mengingatkan bahwa setinggi apapun pendidikan wanita, secemerlang apapun karirnya, wanita harus tetap menyadari kodratnya.

“Hari ini, kita tidak hanya merayakan sejarah, tetapi juga komitmen kita terhadap masa depan yang lebih cerah bagi para siswi kita. Mari kita jadikan semangat kartini sebagai pendorong untuk terus belajar, berkembang, dan berkontribusi,” ujar beliau.

Kegiatan peringatan hari Kartini di MAN 1 Lamongan bertujuan untuk menghormati dan memperluas pemahaman tentang peran serta kontribusi wanita dalam berbagai bidang. Siswa dan guru diberi kesempatan untuk mengekspresikan pandangan dan harapan mereka terkait emansipasi wanita melalui karya-karya kreatif.

Peringatan Hari Kartini di MAN 1 Lamongan ini bukan hanya sebagai penghormatan terhadap pahlawan emansipasi wanita Indonesia, tetapi juga sebagai momentum untuk mengingatkan bahwa pendidikan adalah hak setiap individu yang harus dihargai dan diperjuangkan. (Humas Manela)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR