Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Tingkatkan Kompetensi Auditor, MAN 1 Lamongan Menggelar Pelatihan Audit Internal ISO 21001:2018

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan, 3 Mei 2024 – MAN 1 Lamongan, sebuah lembaga pendidikan yang terkenal dengan komitmennya terhadap standar mutu pendidikan, kembali menunjukkan dedikasinya dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Kali ini, mereka menggelar pelatihan audit internal ISO 21001:2018, sebuah langkah penting untuk meningkatkan kompetensi para auditor dalam menjaga kualitas sistem manajemen pendidikan.

BACA JUGA : MAN 1 Lamongan Banjir Penghargaan di Upacara Hari Pendidikan Nasional

Pelatihan tersebut diikuti oleh para staf dan tenaga pendidik MAN 1 Lamongan yang telah ditunjuk sebagai auditor internal. Sebagai nara sumber pelatihan tersebut Bapak Dr. Muhammad Rosiawan. Beliau dosen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya. Beliau juga seringkali diundang sebagai naras umber, trainer, dan konsultan di bidang penerapan standar system manajemen SNI/ISO di organisasi. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang standar ISO 21001:2018, serta memberikan keterampilan yang diperlukan dalam melakukan audit internal secara efektif.

ISO 21001:2018 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen pendidikan, membantu institusi pendidikan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan pengajaran mereka. Dengan mengadopsi standar ini, MAN 1 Lamongan bertujuan untuk memperkuat sistem manajemen pendidikan mereka dan meningkatkan kepuasan siswa serta pemangku kepentingan lainnya.

Kepala MAN 1 Lamongan, Hj. Nur Endah Mahmudah, S.Ag.M.Pd.I. menyatakan, “Kami percaya bahwa pelatihan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi para auditor internal kami dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ISO 21001:2018. Dengan meningkatnya kompetensi auditor, kami yakin bahwa kami dapat terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang kami berikan.”

Selain itu, pelatihan audit Internal ISO sebagai intergritas penilaian – penilaian di Madrasah,misalnya penilaian Kinerja guru,Penilaian sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dan penilaian-penilaian lainya. Tegas kepala madrasah dalam sambutan pembukaan pelatihan tersebut.

Pelatihan ini mencakup berbagai topik, mulai dari pengenalan terhadap standar ISO 21001:2018, proses audit internal, hingga praktik terbaik dalam melaksanakan audit. Para peserta ditugaskan langsung sebagai auditi dan auditor dengan mepraktikan audit dalam Cheklist Audit Plan. Selain itu, Para peserta juga terlibat dalam studi kasus dan diskusi interaktif untuk memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan.

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, para auditor internal MAN 1 Lamongan akan mampu melakukan audit secara lebih efektif, mengidentifikasi peluang perbaikan, dan berkontribusi pada peningkatan berkelanjutan dalam sistem manajemen pendidikan lembaga ini. Langkah ini juga merupakan bagian dari komitmen MAN 1 Lamongan untuk terus meningkatkan standar mutu pendidikan dan menjaga ekselen dalam layanan pendidikan.


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR