Siswa Berpretasi Rebutan Masuk MAN 1 Lamongan, Sudah 360 Siswa Daftar

0
593

Lamongan-Animo masyarakat untuk masuk ke MAN 1 Lamongan benar-benar tinggi. Paling tidak, itu terlihat dari mereka yang ingin mendaftarkan diri menjadi siswa MAN 1 Lamongan dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun Pelajaran 2020/2021. Bahkan, dalam penjaringan jalur prestasi atau jalur khusus, pendaftarnya membludak. Para siswa berprestasi dari berbagai sekolah di wilayah Jawa Timur berebut ingin masuk ke madrasah berlokasi di Jalan Veteran nomor 43 Lamongan ini.

Sesuai data panitia, hingga hari Sabtu (7/2/2020)  pukul 10.00 WIB, jumlah pendaftarnya sudah mencapai 360 siswa berpretasi. Padahal, waktu pendaftaran belum ditutup. Rencananya, penutupan pendaftaran PPDB online jalur khusus akan dilakukan nanti malam (Sabtu, 7/2/2020) pukul 00.00 WIB dini hari. Sehingga jumlah pendaftarnya masih punya potensi terus bertambah. Dipastikan, jumlah pendaftar jalur prestasi tahun ini  jauh lebih banyak dari jumlah pendaftar sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, jumlah pendaftar jalur khusus sebanyak 271 siswa.

“Alhamdulillah, makin banyak masyarakat yang percaya pada madrasah kita. Dan ini menjadi motivasi tersendiri bagi kita untuk terus memperbaiki kualitas kita, biar makin baik dan makin dipercaya,” kata Kepala MAN 1 Lamongan Akhmad Najikh, Sabtu (7/2/2020).

Dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan bahwa sekarang ini masyarakat yang ingin daftar ke MAN 1 Lamongan juga sangat dipermudah. Mereka yang rumahnya jauh tidak perlu susah-susah datang ke madrasah karena pendaftarannya bisa dilakukan secara online. Maka, tak heran bila sesuai data yang ada, asal daerah pendaftarnya  sangat variasi, bahkan tidak sedikit dari luar Lamongan. Tentu aplikasi PPDB online ini sangat menguntungkan bagi banyak pihak, termasuk bagi madrasah sendiri. Bila ada satu-dua kendala yang muncul, itu hal yang wajar. Tetapi secara umum sudah berjalan lancar.

“Dan terima kasih pada panitia PPDB yang terus siaga dan kompak dalam merespon apapun yang muncul selama proses pendaftaran berlangsung,” ucap orang nomor satu MAN 1 Lamongan.

Dengan banyaknya siswa yang mendaftar di jalur khusus, maka madrasah makin memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan bibit-bibit unggul. Mengingat, mereka yang bisa mendaftar jalur khusus adalah mereka yang memiliki prestasi dan memiliki persyaratan khusus. Mereka akan  memperebutkan  kuota jalur khusus yang akan ditentukan panitia. Sebagai gambaran, tahun lalu,  kuota yang diambil dari pendaftaran jalur khusus adalah sebanyak 40 persen dari kuota kursi yang ada.

Baca juga di : Pendaftaran PPDB MAN 1 Lamongan TA. 2020/2021 Jalur Prestasi Dibuka

Bagi siswa yang sudah mendaftar, siswa (atau wakilnya) diwajibkan datang membawa berkas (berkasnya daftar yang dikirim ke email masing-masing) untuk diverifikasi ke panitia PPDB MAN 1 Lamongan sesuai jadwal, pada 12-14 Maret 2020.  Dalam verifikasi itu nanti, panitia akan mencocokan data yang dikirim dengan berkas aslinya, sehingga akan diketahui apakah pendaftar tersebut benar-benar siswa berpretasi yang layak daftar lewat jalur khusus atau tidak. Dalam verifikasi, siswa tidak wajib hadir, bisa diwakilkan orang tua atau saudara, yang penting berkasnya lengkap. Setelah dinyatakan lolos verifikasi, mereka diwajibkan mengikutui tes yang akan dilakasanakan pada 22 Maret 2020. Hasilnya akan diumumkan pada 26 Maret 2020. (roudlon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here