Jumat, 19 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

AKU CINTA PRODUK LAMONGAN MEGILAN. PAMERAN HASIL KARYA SISWA P5PPRA MAN 1 LAMONGAN.

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan 12/06/2023. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang terdiri dari enam dimensi yakni beriman, berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, serta mandiri. Pada senin (12/6/2023) dengan mengambil tema kerifan lokal MAN 1 Lamongan menggelar pameran hasil karya dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (PPRA) yaitu dengan mengangkat ciri khas kabupaten lamongan, mulai dari makanan, tari dan batik. Kegiatan ini bertujuan agar siswa memiliki nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila, terutama nilai karakter kemandirian, kekreatifan, dan gotong royong.

BACA JUGA :DIKLATDER PASKIBRA MAN 1 LAMONGAN. Menumbuhkan sense of belonging dan menggali jiwa kepemimpinan sebagai organisatoris.

Siswa dikelompokan berdasarkan minat masing-masing, yang sebelumnya mereka telah diberikan 3 pilihan minat yaitu Makanan (wingko), Tari (tari boran) dan Batik (batik bandeng lele). Kemudian siswa diajari bagaimana proses dari awal pembuatan hingga akhir. Untuk siswa yang berminat terhadap makanan khas lamongan berupa wingko, sehari sebelumnya madrasah mengajak siswa mengunjungi sebuah industri rumahan di Gang Arjuno Lamongan yang dalam sehari-hari memang memproduksi wingko, dimana siswa dapat melihat dan belajar langsung proses pembuatan wingko, selanjutnya siswa diminta untuk mempratekkan hasil kunjungannya tersebut di sekolah.

Sedangan untuk siswa yang berminat pada batik khas lamongan, madrasah memfasilitasi dengan mendatangkan pembatik dari sendang agung yang dalam kesehariannya sudah biasa membuat batik bandeng lele khas lamongan. Siswa lalu diajari bagaimana proses pembuatan batik dan diminta untuk praktek langsung dengan di damping oleh para pembatik sendang agung tersebut. Dan yang terakhir siswa yang berminat pada tari khas lamongan yaitu tari boran. Kebetulan ada beberapa siswa yang memang sudah biasa tari boran, mereka diminta mengajari teman sebayanya menari boran, sedangkan fasilitator hanya bertugas mengawasi dan mengkoreksi beberapa jika ada yang kurang benar.

“mudah-mudahan kegiatan P5PPRA yang telah kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi kita dan orang lain. Kami mewakili madrasah berterima kasih kepada Bapak/Ibu fasilitator dan semua siswa-siswi MAN 1 Lamongan kelas X. semoga di tahun yang akan datang akan menjadi semakin baik.” Ucap Kasduni, S.Pd selaku PLT Kepala MAN 1 Lamongan

Selanjutnya siswa diberikan waktu untuk mempresentasikan produknya di depan seluruh peserta pameran hasil karya dari P5PPRA dan diteruskan dengan memamerkan produknya masing-masing.

Siti Khofilah selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum mengatakan “kami sangat bangga kepada anak-anak yang telah melaksanakan kegiatan P5PPRA ini. Terbukti hasil produknya bagus-bagus. Semoga kegiatan ini mampu memberikan bekal karakter bagi semua siswa, sebab nanti kalian adalah generasi penerus, putra putri lamongan, maka tugas kalianlah dalam melestarikan budaya lamongan ini.” Lebih jauh guru biologi ini menambahkan bahwa aka nada penilaian dan dilaporkan dalam bentuk raport oleh wali kelas masing-masing. (humas manela)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR