Selasa, 18 Jun 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

GANDENG PUSKESMAS KECAMATAN LAMONGAN, SCREENING ANEMIA DALAM AKSI GIZI MAN 1 LAMONGAN

Share Agar Bermanfaat!!

MAN 1 Lamongan (16/08/2023). Bidang Pembina Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi Berbasis Sumber Gizi dalam hal ini diwakili oleh Tim UKS MAN 1 Lamongan, kembali menggelar kegiatan screening anemia dalam rangkaian kegiatan Aksi Bergizi MAN 1 Lamongan. Bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Lamongan, kegiatan yang rutin diadakan setahun sekali ini bertujuan untuk mendeteksi sekaligus mencegah penyakit anemia sejak dini. Farid, petugas Puskesmas Kecamatan Lamongan mengatakan, “Pemeriksaan anemia difokuskan pada Antenatal Care (ANC) pada ibu hamil sebagai salah satu upaya pencegahan stunting. Namun, setelah diberlakukan ANC ternyata masih banyak yang terjangkit stunting. Kemudian pemerintah memutuskan untuk melakukan pemeriksaan pada remaja tingkat SMA sederajat”. Lebih lanjut, beliau mengatakan setelah diperiksa jika hasilnya di bawah normal maka dibutuhkan pengecekan setiap tiga bulan sekali dan dikombinasi dengan pemberian obat penambah darah serta mengatur pola makan. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh peserta didik MAN 1 Lamongan baik kelas X, XI dan XII. Laili Himatul Azizah, petugas UKS MAN 1 Lamongan menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya pencegahan stunting untuk usia pranikah sehingga diharapkan kasus stunting dapat ditangani lebih awal. Tahapan pemeriksaan ini ada dua, pertama, kader UKS akan memeriksa tekanan darah seluruh peserta didik, yang kedua, jika hasilnya mengarah ke anemia maka dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas dari puskesmas. Kegiatan ini akan kembali dilanjutkan pada Rabu (23/08/2023) untuk mengantisipasi peserta didik yang belum menyelesaikan pemeriksaan pada Senin (16/08/2023). Salah satu peserta didik yang ditemui di acara tersebut mengungkapkan perasaannya selama mengikuti kegiatan screening anemia oleh kader UKS MAN 1 lamongan. “Saya senang sekali ada kegiatan seperti ini. Saya jadi lebih tahu tentang penyakit anemia dan cara pencegahannya.”MAN 1 Lamongan (16/08/2023). Bidang Pembina Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi Berbasis Sumber Gizi dalam hal ini diwakili oleh Tim UKS MAN 1 Lamongan, kembali menggelar kegiatan screening anemia dalam rangkaian kegiatan Aksi Bergizi MAN 1 Lamongan. Bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Lamongan, kegiatan yang rutin diadakan setahun sekali ini bertujuan untuk mendeteksi sekaligus mencegah penyakit anemia sejak dini. Farid, petugas Puskesmas Kecamatan Lamongan mengatakan, “Pemeriksaan anemia difokuskan pada Antenatal Care (ANC) pada ibu hamil sebagai salah satu upaya pencegahan stunting. Namun, setelah diberlakukan ANC ternyata masih banyak yang terjangkit stunting.

BACA JUGA : SOSIALISASIKAN CYBERBULLYING, PENGADILAN NEGERI LAMONGAN GOES TO MANELA

Kemudian pemerintah memutuskan untuk melakukan pemeriksaan pada remaja tingkat SMA sederajat”. Lebih lanjut, beliau mengatakan setelah diperiksa jika hasilnya di bawah normal maka dibutuhkan pengecekan setiap tiga bulan sekali dan dikombinasi dengan pemberian obat penambah darah serta mengatur pola makan. Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh peserta didik MAN 1 Lamongan baik kelas X, XI dan XII. Laili Himatul Azizah, petugas UKS MAN 1 Lamongan menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya pencegahan stunting untuk usia pranikah sehingga diharapkan kasus stunting dapat ditangani lebih awal. Tahapan pemeriksaan ini ada dua, pertama, kader UKS akan memeriksa tekanan darah seluruh peserta didik, yang kedua, jika hasilnya mengarah ke anemia maka dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas dari puskesmas.

Kegiatan ini akan kembali dilanjutkan pada Rabu (23/08/2023) untuk mengantisipasi peserta didik yang belum menyelesaikan pemeriksaan pada Senin (16/08/2023). Salah satu peserta didik yang ditemui di acara tersebut mengungkapkan perasaannya selama mengikuti kegiatan screening anemia oleh kader UKS MAN 1 lamongan. “Saya senang sekali ada kegiatan seperti ini. Saya jadi lebih tahu tentang penyakit anemia dan cara pencegahannya.


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR