Jumat, 19 Apr 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

OSKAMANELA Punya Gawe: Pesta Demokrasi – Pemilihan Pengurus OSIS dan MPK

Share Agar Bermanfaat!!

Kamis (24/08/2023). OSKAMANELA kembali menggelar kegiatan “Manela Berdemokrasi”. Kesibukan panitia pemilihan pengurus harian OSKAMANELA periode 2023 – 2024 menjadi pemandangan sejak pagi. Sebab banyak hal yang perlu mereka persiapkan untuk mendukung suksesnya acara tersebut. Seluruh panitia tampak sibuk menyiakan bilik suara, kotak suara, meja pendaftaran hingga segala perlengkapan yang ada di tempat pemungutan suara.

BACA JUGA : Tingkatkan Wawasan Anggota, Koperasi Sakinah MAN 1 Lamongan Gelar Workshop Perkoperasian

Kegiatan pemilihan pengurus harian OSKAMANELA periode 2023 – 2024  semakin semarak dengan kekompakan seluruh panitia yang mengenakan pakaian bernuansa batik. Sementara itu, seluruh kandidat ketua OSIS, ketua MPK, sekretaris dan bendahara yang mencalonkan diri juga diminta menggunakan setelan pakaian adat khas berbagai daerah di indonesia.

Pemungutan suara dibuka tepat pukul 07.00 WIB. Demi kelancaran dan ketertiban proses pemungutan suara, panitia penyelenggara telah membuat jadwal. Hal ini bertujuan agar lebih mudah mengkoordinir sebanyak 1.350 pemilih yang terdiri dari siswa-siswi kelas X, XI dan XII MAN 1 Lamongan. Selain itu, proses penjadwalan juga dimaksudkan agar kegiatan pemungutan suara tidak mengganggu jalannya kegiatan belajar mengajar di kelas.

Menurut ketua panitia, Alifuddin, momentum ini diharapkan mampu menjadi pembelajaran bagaimana berpesta demokrasi yang jujur, bersih, tertib, dan mengutamakan hati nurani.  “Setelah seluruh calon ketua, sekretaris, dan bendahara berorasi di depan pemilih beberapa waktu lalu, diharapkan hari ini seluruh warga MAN 1 Lamongan dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Ada dua kandidat ketua MPK, tiga kandidat ketua OSIS, tiga kandidat sekretaris OSIS, dan empat kandidat bendahara OSIS,” tambah ketua panitia.

Ada yang berbeda dalam pemilihan pengurus harian OSKAMANELA periode 2023 – 2024 ini. Tahun-tahun sebelumnya, peserta pesta demokrasi hanyalah siswa siswi MAN 1 Lamongan. Namun, tahun ini, bapak ibu guru pun ikut andil dan diberikan kesempatan untuk menyalurkan aspirasinya dalam pemilihan pengurus harian OSKAMANELA 2023 – 2024.

Kepala MAN 1 Lamongan, Ibu Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.PdI yang ditemui di lokasi pemungutan suara mengatakan  bahwa Manela berdemokrasi diharapkan mampu mengajarkan peserta didik secara langsung sebagai perwujudan pembelajaran berdemokrasi mata Pelajaran PKn. “Bagaimana peserta didik mempraktikkan cara berdemokrasi yang santun, terhormat, berwibawa, jujur dan adil. Ini adalah bagian pendidikan bagi anak-anak kita untuk berdemokrasi memilih pimpinan yang dia anggap mampu untuk mewakili dan menyuarakan aspirasinya,” ucap kepala MAN 1 Lamongan.

Bapak Muhajir, S.Pd selaku pembina sekbid demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural menambahkan bahwa ini merupakan kegiatan reformasi pengurus OSIS dan MPK periode 2022 – 2023. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak untuk mengenal sistem perdemokrasian diawali dari lingkungan madrasah dan nanti bisa diterapkan dalam hidup bermasyarakat,” lanjutnya.

Seperti halnya pemilu tingkat ansional, penerapan asas pemilu yakni Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (LUBER) benar-benar diterapkan. Panitia penyelenggara telah menyiapkan empat lokasi Tempat Pemungutan Suara atau TPS yang masing-masing terdapat satu bilik dan satu kotak suara di masing-masing TPS tersebut. Untuk mengantisipasi penggunaan hak pilih lebih dari sekali, panitia mengharuskan pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya untuk mencelupkan salah satu jari tangan ke dalam tinta sebagai bukti telah menggunakan hak pilihnya.

Proses pemungutan suara akan ditutup pukul 12.00 WIB dan akan langsung dilakukan perhitungan suara. Seluruh kandidat ketua, sekretaris dan bendahara OSIS dan MPK juga diminta hadir secara langsung untuk menyaksikan perhitungan suara agar perhitungan suara dapat berlangsung dengan jujur dan adil. [Humas Manela]


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR