Kamis, 25 Jul 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Safari Literasi, Gol A Gong (Duta Baca Indonesia) Kunjungi MAN 1 Lamongan

Share Agar Bermanfaat!!

Bertempat di Aula MAN 1 Lamongan, Jum”at, 25 Agustus 2023 acara yang bertajuk “Ngobrol Bareng bersama Gol A Gong dan GPMB Lamongan” berlangsung dengan antusias dan meriah. Sekitar 102 peserta yang tergabung dalam Kompijar (Komunitas Pecinta Literasi Madrasah), Kepala Perpustakaan MAN 1 Lamongan ibu Siti Muzayati Rahmah, M.Pd dan MGMP guru Bahasa Indonesia turut andil dalam mensukseskan acara tersebut.

BACA JUGA :OSKAMANELA Punya Gawe: Pesta Demokrasi – Pemilihan Pengurus OSIS dan MPK

Suharsono, S.Pd ketua Tim Literasi MAN 1 Lamongan menuturkan bahwa dibentuknya Kompijar sebagai wadah siswa dalam mengiatkan kembali literasi di madrasah. Sejalan dengan tujuan terbentuknya Kompijar Aditya wakil GPMP Lamongan dalam sambutanya menjelaskan bahwa dalam rangka memasyarakatkan gerakan gemar membaca perlu adanya sinergi antara perpusda,komunitas literasi sekolah dan TBM ( Taman Baca Masyarakat) dengan harapan tingkat SDM Lamongan semakin meningkat.

Selanjutnya narasumber yang ke dua bapak Gol A Gong (Duta Baca Indonesia) dalam sambutanya mengusung tagline ” Membaca itu Sehat dan Menulis itu Hebat”. Seakan menghipnotis peserta yang hadir di Aula. Beliau memaparkan gara-gara membaca ia dapat keliling dunia. Hampir 20 negara pernah ia singgahi dari hobi travelling dan membaca. “Sukses itu karena membaca. Kalau sukses karena uang ujung-ujungnya di tangkap KPK” kelakar Gol A Gong yang mendapatkan tepukan gemuruh dari peserta Ngobrol Bareng. Pesan beliau juga dalam penjelasannya, ” Keberhasilan dan kesuksesan hidup itu atas ridho dan doa kedua orang tua”, kilah penulis buku yang ke 125 tersebut yang berjudul “Iam A Survivor”. Tidak berhenti sampai di situ.

Kegiatan tersebut dilanjut dengan sesi tanya jawab sebagai umpan balik dalam penjelasan beliau. Berapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta Ngobrol bareng diantaranya oleh finalis Top 15 Duta Baca Lamongan 2023 Mu”thi Hakim kelas XI IIK diapresiasi penulis “Balada Si Roy” itu dengan hadiah sebuah buku sehingga mereka berebutan untuk menyampaikan pertanyaan. Sebagai penutup acara, turut hadir kepala MAN 1 Lamongan ibu Nur Endah Mahmudah, S.Ag, M.PdI menyambut dengan gembira atas terlaksananya kegiatan Ngobrol Bareng dengan Duta Baca Indonesia. Beliau berpesan agar kegiatan ini menjadi motivasi untuk mengiatkan kembali budaya literasi di lingkungan madrasah. “Budaya membaca dan menulis menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam mewujudkan madrasah berprestasi”. tuturnya dalam menutup acara sore itu.(Har)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR