Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

MAN 1 Lamongan Laksanakan Workshop AI untuk Menunjang Pembelajaran

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan menggelar workshop tentang Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk menunjang pembelajaran di era digital. Workshop ini diikuti oleh para guru MAN 1 Lamongan yang berlangsung selama satu hari, yaitu pada tanggal 17 November 2023 di Aula “Al Zahra” MAN 1 Lamongan.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang AI kepada para peserta, serta menginspirasi mereka untuk mengembangkan dan menerapkan AI dalam pembelajaran, khususnya cara pembuatan soal-soal Latihan Ujian Sekolah menggunakan  Microsoft Copilot/Bing AI Chat. Workshop ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidang AI, yaitu Erik Supit., praktisi di bidang pengembangan dan penerapan AI.

Dalam workshop ini, para peserta mendapatkan materi tentang pengertian, sejarah, dan perkembangan AI, serta berbagai macam aplikasi dan contoh AI yang ada di dunia. Para peserta juga belajar tentang dasar-dasar pemrograman AI menggunakan bahasa Python (Bahasa Pemrograman), serta membuat beberapa proyek AI sederhana, seperti deteksi wajah, pengenalan suara, chatbot serta membuat soal-soal evaluasi Pembelajaran dan ujian sekolah.

BACA JUGA  : SUBKORD KUREV MA/MAK KSKK KEMENAG RI BERIKAN PENDAMPINGAN IKM DI MAN 1 LAMONGAN

Kepala MAN 1 Lamongan, Hj. Nur Endah Mahmudah,S.Ag. M.Pd.I, mengatakan bahwa workshop ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Lamongan, serta mempersiapkan para guru untuk menghadapi tantangan di era digital. “Kami berharap dengan adanya workshop ini, para guru MAN 1 Lamongan dapat memahami dan menguasai AI, serta dapat mengembangkan dan menerapkan AI dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Kami juga berharap workshop ini dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih baik antara MAN 1 Lamongan dengan para narasumber dan pihak-pihak yang terkait dengan AI,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta workshop, Muhammad Zamroni,S.Pd. Guru TIK MAN 1 Lamongan, mengaku senang dan antusias mengikuti workshop ini. Ia mengatakan bahwa workshop ini memberikan pengalaman dan ilmu yang baru dan menarik bagi dirinya. “Saya sangat senang dan antusias mengikuti workshop ini. Saya belajar banyak hal tentang AI yang sebelumnya saya tidak tahu. Saya juga bisa membuat proyek AI sendiri yang saya rasa sangat keren dan bermanfaat. Saya berterima kasih kepada MAN 1 Lamongan yang telah menyelenggarakan workshop ini, serta kepada para narasumber yang telah berbagi ilmu dan pengalaman tentang AI,” katanya.

Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan akan Persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 di MAN 1 Lamongan yang jatuh pada tanggal 27  November 2023. Selain workshop AI, MAN 1 Lamongan juga mengadakan berbagai kegiatan lainnya, seperti Simulasi Aplikasi soal PAS online/digital dan Assesmen Bakat Minat (ABM). Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan prestasi MAN 1 Lamongan, serta tercapainya Madrasah digital di MAN 1 Lamongan.(Hadi/wakahum)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR