Sabtu, 18 Mei 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Buktikan kegigihan dan kerja keras, MAN 1 lamongan berhasil meraih juara umum pada Olimpiade Sejarah Universitas Negeri Surabaya

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan (20/11/2023). Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh MAN 1 Lamongan. Kali ini MAN 1 lamongan berhasil mendapatkan juara umum pada Olimpiade Sejarah HICOM  Universitas Negeri Surabaya VIII tingkat nasional. Juara yang didapatkan meliputi juara 1 atas nama Rizkia Pertiwi kelas XII IPS 1 dan juara 3 atas nama Stevia Suryani Virawanti kelas XI IPS 1.

Beragam persiapan kerap dilakukan untuk bisa secara optimal memberikan bimbingan intensif kepada siswa-siswi MAN 1 Lamongan yang tergabung dalam kelas olimpiade. Terbukti sejak bulan September, Bapak Awam Roisa selaku pembimbing olimpiade sejarah telah melakukan bimbingan intensif dengan beragam metode, seperti tutor sebaya, tanya jawab pengetahuan, pemahaman dan analisis kesejarahan siswa, serta simulasi latihan soal secara konsisten.

BACA JUGA : Kontingen MAN 1 Lamongan Bersemangat Mengikuti Porseni MA Jatim 2023 di Bojonegoro

Berkat bimbingan intensif yang dilakukan tersebut, akhirnya 15 siswa MAN 1 Lamongan berhasil lolos ke semifinal pada olimpiade sejarah UNESA yang dilaksanakan di Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 19 November kemarin. Mereka berhasil melengserkan 500 lebih pendaftar pada kompetisi ini.

Lanjut di babak final, ada 9 peserta dinyatakan lolos. 3 dari 9 peserta adalah berasal dari MAN 1 Lamongan. Tentu posisi yang didapat tidak lepas dari kegigihan dan kerja keras yang mereka lakukan. Sejak kelas X, mereka sudah terbiasa keluar masuk olimpiade di berbagai kampus di Indonesia. Mereka tidak putus asa ketika hasil yang didapat belum sesuai yang diinginkan. Namun kali ini, usaha mereka tidak sia-sia. Saat pengumuman pemenang, MAN 1 Lamongan berhasil mendapatkan juara 1 dan 3. Karena dua juara yang didapat inilah akhirnya MAN 1 Lamongan dinobatkan sebagai juara umum.

Sebelum menyabet juara pada olimpiade sejarah Universitas Negeri Surabaya, tim olimpiade sejarah juga berhasil mendapat predikat juara pada olimpiade sejarah yang diadakan oleh Universitas Negeri Jember dan Universitas Airlangga. Kemenangan beruntun ini menjadi sejarah baru bagi MAN 1 Lamongan untuk terus berupaya yang terbaik dalam memberikan bimbingan kepada siswa-siswinya.

Kedepannya, kemenangan ini semoga tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi juga bisa dilanjutkan oleh siswa-siswi yang lain, “Semoga nantinya adik-adik kelas X juga bisa mempertahankan juara ini, tidak hanya pada mata pelajaran sejarah, tetapi juga mata pelajaran yang lain, dan di kampus yang lain juga,” ungkap harapan Rizkia pertiwi. Harapan yang lain juga disampaikan oleh Bapak Awam Roisa selaku pembimbing olimpiade sejarah, “Prestasi ini bisa menjadi pemicu anak-anak agar semakin semangat meraih prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Bukan hanya di bidang sejarah, tetapi juga di bidang yang lain.”

Madrasah mengapresiasi segala bentuk prestasi yang didapatkan oleh siswa-siswinya. Madrasah terus berupaya memberikan sarana belajar yang terbaik untuk bisa mewadahi kemampuan mereka. Seluruh pihak akan terus bersinergi untuk memajukan pendidikan guna mewujudkan cita-cita untuk mencerdaskan anak bangsa. (Tim ICT Humas)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR