Jumat, 23 Feb 2024
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya Madrasah Digital yang Unggul, Berkarakter, Terampil, dan Berbudaya Lingkungan

Program Donor Darah Setiap 3 Bulan Menjadi Inisiatif UKS MAN 1 Lamongan bersama PMI Lamongan

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan, 22 November 2023. Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MAN 1 Lamongan menjalin kerjasama erat dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lamongan. Mereka bersama-sama meluncurkan program donor darah rutin setiap 3 bulan sebagai bagian dari inisiatif kesehatan sekolah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pasokan darah yang stabil dan memadai di PMI Lamongan, yang nantinya dapat membantu menyelamatkan nyawa warga Lamongan yang membutuhkan. Kepala MAN 1 Lamongan, Nur Endah Mahmudah, S.Ag.M.Pd.I., menyatakan bahwa program ini juga diharapkan dapat memberikan pembelajaran kepada para siswa tentang kepedulian sosial dan pentingnya berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

“Pendidikan bukan hanya tentang buku teks, tetapi juga tentang membentuk karakter dan sikap peduli terhadap sesama. Melalui program donor darah ini, kami berharap siswa dapat memahami bahwa setetes darah yang mereka sumbangkan dapat membuat perbedaan besar dalam hidup seseorang,” ujar NUr Endah Mahmudah, S.Ag.M.Pd.I..

Program donor darah ini akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali di gedung MAN 1 Lamongan. Kegiatan tersebut akan melibatkan siswa, guru, serta staf sekolah yang ingin berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan ini. Para peserta akan mendapatkan penjelasan tentang proses donor darah sebelum melibatkan diri, serta mendapat pemantauan kesehatan dari tim medis yang bekerja sama dengan PMI Lamongan.

Dalam keterangannya, dr. Moh. Chaidir Annas, M.Kes. Kepala Unit Donor Darah PMI Cabang Lamongan menyambut baik kerjasama ini dan mengapresiasi inisiatif MAN 1 Lamongan dalam mendukung upaya PMI untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah tersebut. “Kami berharap kerjasama ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk ikut serta dalam upaya penyelamatan jiwa melalui donor darah,” ucap Beliau.

BACA JUGA : MAN 1 Lamongan Raih Penghargaan Madrasah Terstandar Sekolah Ramah Anak

Dengan adanya program donor darah ini, diharapkan dapat tercipta budaya peduli dan kesadaran kesehatan di kalangan siswa MAN 1 Lamongan, serta memberikan kontribusi positif dalam pemenuhan stok darah yang diperlukan oleh PMI Lamongan. Program ini juga menjadi langkah konkrit dalam mewujudkan visi dan misi sekolah untuk mencetak generasi yang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga peduli terhadap kebutuhan sosial di sekitarnya.(humas manela).


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR