Jumat, 23 Feb 2024
  • Visi MAN 1 Lamongan : Terwujudnya Madrasah Digital yang Unggul, Berkarakter, Terampil, dan Berbudaya Lingkungan

Siswa MAN 1 Lamongan Mulai Ujian Akhir Semester Ganjil

Share Agar Bermanfaat!!

Lamongan (27/11/23) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan mulai hari ini, Senin (27/11/2023), melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil tahun pelajaran 2023/2024. PAS Ganjil ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi exam Browser Clien dan Assemen madrasah Berbasis Komputer milik MAN 1 Lamongan.

BACA JUGA : Eforia Prank Siswa-siswi MAN 1 Lamongan di Peringatan HGN 2023

Kepala MAN 1 Lamongan, Hj. Nur Endah Mahmudah,S.Ag M.Pd.I., meng.atakan bahwa PAS Ganjil ini merupakan salah satu bentuk penilaian yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. “PAS Ganjil ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah dipelajari selama semester ganjil,” ujarnya.

Menurutnya, PAS Ganjil ini juga menjadi salah satu syarat kelulusan bagi siswa kelas XII yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada bulan April 2024 mendatang. “Siswa kelas XII harus mendapatkan nilai minimal 75 untuk semua mata pelajaran agar bisa mengikuti UNBK,” katanya.

Nur Endah menambahkan bahwa PAS Ganjil ini dilaksanakan dengan menggunakan perangkat laptop atau smartphone. Siswa juga harus memastikan system android pada Smartphone selama mengerjakan ujian PAS. Guru pengawas akan memantau siswa melalui aplikas Exam Browser Client, sebuah aplikasi dari MAN 1 Lamongan, dan memberikan arahan serta bantuan jika ada kendala teknis,” jelasnya.

Menurut Waka Kurikulum, Siti Khofilah, M.Pd. “melalui PAS ini, para siswa dapat menunjukkan kemampuan dan pengetahuan yang telah mereka peroleh selama semester ini. Ujian ini juga menjadi refleksi bagi kami sebagai pendidik untuk terus meningkatkan metode pengajaran dan pembelajaran di madrasah ini.”

Guru-guru MAN 1 Lamongan juga turut berperan aktif dalam memastikan kelancaran pelaksanaan PAS. Mereka memberikan arahan dan dukungan kepada siswa sepanjang proses ujian. “Kami berusaha menciptakan atmosfer yang kondusif bagi siswa, agar mereka dapat mengekspresikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari dengan baik,” tambah Siti Khofilah, M.Pd..

PAS Ganjil ini akan berlangsung selama sembilan hari, mulai dari tanggal 27 November hingga 5 Desember 2023. Setiap hari, siswa akan mengikuti tiga sesi ujian, yaitu sesi pertama pada pukul 07.00-09.30 WIB, sesi kedua pada pukul 08.45-10.15, dan sesi ketiga pukul 10. 00-12.00 WIB. Mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Quran Hadist, Pendidikan Kewarganegaraan, Seni Budaya, Prakarya, dan Bahasa Arab dan lain-lainnya, serta seluruh Mata Pelajran Mulok (Muatan Lokal)

Siswa MAN 1 Lamongan berharap dapat mengerjakan PAS Ganjil ini dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan. “Saya berharap dapat menjawab semua soal dengan benar dan tidak mengalami gangguan internet. Saya juga berdoa agar semua teman-teman saya dapat lulus PAS Ganjil ini dengan nilai yang bagus,” ucap Rizky, salah satu siswa kelas XII. (humas manela)


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR