Kamis, 25 Jul 2024
  • VISI MAN 1 LAMONGAN : "MADRASAH UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”

Jaring Calon Peserta Didik Unggul dan Berprestasi, MAN 1 Lamongan Selenggarakan Manela Olympiad Festival (MOF) Tahun 2024

Share Agar Bermanfaat!!

Ajang Manela Olympiad Festival (MOF) Tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur kembali digelar oleh MPK dan OSIS MAN 1 Lamongan pada Sabtu, 27 Januari 2024. Dengan mengusung tema “Membangun Generasi yang Unggul, Bertalenta, Berwawasan Global, dan Merawat Peradaban di Era Milenial”, MOF tahun 2024 tampil memantaskan diri sebagai ajang bergengsi di tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur yang menjadi agenda tahunan MAN 1 Lamongan.

BACA JUGA : PERINGATI HARI GIZI NASIONAL, PUSKESMAS LAMONGAN AJAK SISWI MAN 1 LAMONGAN MINUM TABLET TAMBAH DARAH DAN MAKAN PAGI BERSAMA UNTUK CEGAH ANEMIA

Ajang bergengsi ini mengklasifikasi lomba menjadi dua jenis, akademik dan non akademik. Lomba akademik merupakan olimpiade mata pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Sedangkan lomba non akademik meliputi Karya Ilmiah Remaja (KIR), kaligrafi, Mushabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), pidato 3 bahasa, Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), cipta baca puisi, dan banjari.


Manela Olympiad Festival (MOF) dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan, H. M. Syamsuri, M.Pd. Dalam sambutannya, kankemenag kabupaten Lamongan mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara serta mengapresiasi kegiatan MOF sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di kabupaten Lamongan. “Manela Olympiad Festival ini dapat dijadikan sebagai evaluasi, silaturahmi, dan juga kompetisi yang sehat untuk menggali potensi baik secara akademis maupun non akademis siswa-siswi di tingkat SMP/MTs,” ucap H. M. Syamsuri, M.Pd.


MOF 2024 diikuti sekitar 853 peserta yang terdiri dari 89 peserta olimpiade mapel IPA, 91 peserta mapel IPS, 93 peserta mapel Bahasa Inggris, 29 peserta mapel Bahasa Arab, 58 peserta mapel Matematika, dan 83 peserta mapel PAI. Sementara itu, di bidang non akademik terdiri dari 20 peserta KIR, 30 peserta kaligrafi, 21 peserta MHQ, 60 peserta pidato tiga bahasa, 34 peserta MTQ, 12 peserta cipta baca puisi, dan 230 peserta banjari.
MOF semakin diminati masyarakat terlihat dari antusiasme peserta yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar yang membludak di hari-hari terakhir penutupan pendaftaran. “Alhamdulillah, sangat luar biasa untuk peserta MOF tahun 2024. Karena waktu yang bisa dibilang cukup singkat, mulai dari sosialisasi di media sosial dan mengirim undangan secara langsung ke sekolah atau madrasah, ternyata jumlah pendaftar melebihi ekspektasi panitia,” ucap Suharsono, S.Pd, ketua panitia MOF tahun 2024 saat ditemui disela-sela kesibukannya mengatur dan memantau pelaksanaan MOF di beberapa lokasi lomba.


“Kami sebagai penanggung jawab MOF tahun 2024 mengucapkan terima kasih kepada seluruh madrasah maupun sekolah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Juga kepada segenap panitia yang sudah bekerja keras sehingga MOF tahun 2024 berjalan sukses dan lancar. Selain sebagai wadah kompetisi baik akademik maupun non akademik, MOF juga menjadi salah satu cara madrasah dalam menjaring calon peserta didik yang unggul dan berprestasi. Para juara dalam berbagai lomba nantinya akan mendapatkan golden ticket untuk masuk ke MAN 1 Lamongan,” ucap Titik Lestari, S.Pd, Waka Kesiswaan MAN 1 Lamongan. Beliau juga mengungkapkan harapannya agar ke depan kegiatan MOF dapat terselenggara lebih baik dan meriah dengan cabang lomba yang lebih banyak lagi. []

 


Share Agar Bermanfaat!!
KELUAR